UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS V SDN 060959 BELAWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatan aktifitas belajar siswa melalui pendekatan Kontekstual materi Bangun Datar di kelas V. (2) Untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan Kontekstual materi Bangun Datar. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap tes hasil belajar, aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata tes evaluasi dari 67,17 menjadi 86,96. (3) Ketuntasan siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan Kontekstual pada materi Bangun Datar terjadi peningkatan. Peningkatan yang terjadi antara ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan siklus II sebesar 22,29%. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan guru matematika SDN 060959 Belawan mengajarkan bangun datar melalui pendekatan Kontekstual.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Aktivitas, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8171
Article Metrics
Abstract view : 443 timesPDF - 361 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.