Pembiayaan di Sekolah Dasar Negeri 4 Semadam Kab. Aceh Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.24114/em.v14i1.22908Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiayaan pendidikan dan hambatan dalam pembiayaan pendidikan di SD Negeri 4 semadam Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan bendahara sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembiayaan pendidikan di SD Negeri 4 semadam Tahun Ajaran 2018/2019 berasal dari BOS Pusat/ BOS Reguler, BOS Provinsi/ BOSDA, dan BOS Kabupaten dengan jumlah Rp 40.180.000,00 yang pengalokasiannya digunakan untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, diantaranya Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan, kecuali Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Namun pada kenyataannya, terdapat ketidaksesuaian antara pembiayaan yang tertuang dalam RKAS dengan hasil pelaksanaannya. 2) Hambatan dalam pembiayaan pendidikan di SD Negeri 4 semadam yaitu terbatasnya dana yang diterima dari pemerintah, sekolah tidak dapat melakukan pungutan terhadap orang tua siswa, serta sedikitnya jumlah siswa.Downloads
Published
2025-05-10
How to Cite
Melati, M. (2025). Pembiayaan di Sekolah Dasar Negeri 4 Semadam Kab. Aceh Tenggara. EducanduM, 14(1), 36–48. https://doi.org/10.24114/em.v14i1.22908
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 EducanduM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.