Pembiayaan di Sekolah Dasar Negeri 4 Semadam Kab. Aceh Tenggara

Penulis

  • Melati Melati Administrasi Pendidikan , Pascasarjana , Univeritas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/em.v12i1.22909

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiayaan pendidikan dan hambatan dalam pembiayaan pendidikan di SD Negeri 4 semadam Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan bendahara sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembiayaan pendidikan di SD Negeri 4 semadam Tahun Ajaran 2018/2019 berasal dari BOS Pusat/ BOS Reguler, BOS Provinsi/ BOSDA, dan BOS Kabupaten dengan jumlah Rp 40.180.000,00 yang pengalokasiannya digunakan untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, diantaranya Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan, kecuali Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Namun pada kenyataannya, terdapat ketidaksesuaian antara pembiayaan yang tertuang dalam RKAS dengan hasil pelaksanaannya. 2) Hambatan dalam pembiayaan pendidikan di SD Negeri 4 semadam yaitu terbatasnya dana yang diterima dari pemerintah, sekolah tidak dapat melakukan pungutan terhadap orang tua siswa, serta sedikitnya jumlah siswa.

Diterbitkan

2021-01-25

Cara Mengutip

Melati, M. (2021). Pembiayaan di Sekolah Dasar Negeri 4 Semadam Kab. Aceh Tenggara. EducanduM : Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 36–48. https://doi.org/10.24114/em.v12i1.22909