Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Regina Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Din Oloan Sihotang STP. St Bonaventura Delitua Medan https://orcid.org/0000-0002-1428-0571
  • Johannes Sohirimon Lumban Batu STP. St Bonaventura Delitua Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/em.v14i1.24241

Abstract

Lonjakan pesat dalam teknologi digital ditambah dengan konektivitas internet telah menjadi pembelajaran bagi lingkungan dan memberikan peluang luar biasa pada pendekatan pembelajaran di abad ke-21. Sedangkan digitalisasi sangatlah penting dimasukkan ke dalam pengajaran, fasilitas harus tersedia dan guru harus siap dengan keterampilan yang memadai. Sejalan dengan faktra tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membangun persepsi guru tentang keefektifan pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Studi ini juga mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi dan yang mendasari pembelajaran online yang efektif. Penelitian ini menggunakan desain survei deskriptif; dengan target populasi 150 guru dan sampel diambil secara acak. Penelitian ini menggunakan kuesioner survei sebagai instrumen utama pengumpulan data. Analisis data mengandalkan statistik deskriptif dan inferensial, dengan data yang disajikan menggunakan tabel. Hasil studi ditemukan guru memiliki persepsi positif tentang pengajaran online meskipun banyak tantangan yang menghalangi keefektifannya. Rekomendasi tersebut menyarankan pengarusutamaan pembelajaran online ke dalam kurikulum pendidikan

Published

2025-05-10

How to Cite

Sipayung, R., Sihotang, D. O., & Lumban Batu, J. S. (2025). Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19. EducanduM, 14(1). https://doi.org/10.24114/em.v14i1.24241

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)