Pengaruh Budaya Sekolah, Kerjasama Tim, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan komponen terpenting dalam sebuah sekolah, karena kepemimpinan yang efektif membuat organisasi efektif. Kepala sekolah sebagai manajer dan pemimpin dalam satuan pendidikan harus memiliki kompetensi yang dipersyaratkan supaya dapat mengerjakan sesuatu yang benar melalui cara yang benar pada lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan model kinerja kepala sekolah yang dibangun berdasarkan hubungan kausal asosiatif antara variabel eksogenus dengan variabel endogenus yang adaptif diimplementasikan pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan, seperti pengaruh budaya sekolah dan kerjasama tim terhadap motivasi kerja; Pengaruh budaya sekolah, dan kerjasama tim terhadap kepuasan kerja; Pengaruh budaya sekolah, kerjasama tim, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Kota Medan dengan melibatkan responden sebanyak 392 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja; kerjasama tim berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja; Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja; Kerjasama tim berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja; Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja; Kerja sama tim berpengaruh langsung positif terhadap kinerja; Motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja; dan Kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja kepala SMP di Kota Medan.Published
2025-05-10
How to Cite
Sihotang, D. O., Lumban Batu, J. S., Sipayug, R., & Siburian, P. (2025). Pengaruh Budaya Sekolah, Kerjasama Tim, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan. EducanduM, 15(2). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/em/article/view/24266
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 EducanduM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.