Globalisasi dan Transformasi Pendidikan: Menyongsong Sistem Pendidikan Berbasis Internasional

Authors

  • Sonita Rahmadani Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Samudra
  • Aula Moulida Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Samudra.
  • Cut Kumala Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Samudra.

DOI:

https://doi.org/10.24114/em.v18i1.65824

Abstract

Globalisasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan saat ini, dan dapat memicu integrasi yang semakin kuat dengan standar internasional dalam sistem pendidikan. Melalui penelaahan literatur dan analisis kebijakan, peneliti ini menemukan peluang seperti peningkatan akses ke pendidikan yang berkualitas, kolaborasi antar negara yang lebih baik, serta penerimaan inovasi dalam pedagogi yang berbasis teknologi. Pada era globalisasi ini, tantangan yang ada tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, pada masa kini kita diharapkan untuk berpikir lebih kritis dan kreatif dalam memahami berbagai hal. Selain itu, masyarakat saat ini juga dengan mudah mengakses informasi dari berbagai penjuru dunia sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang pesat. Di situasi sekarang, dampak yang ditimbulkan emberikan efek yang tidak hanya menguntungkan bagi semua negara, tetapi juga menyisakan pengaruh buruk di skala dunia.. Dalam temuan ini, diskusi yang sedang berlangsung berkontribusi pada komunikasi yang relevan mengenai isu-isu dalam pendidikan di era globalisasi, memberikan informasi yang penting untuk pendidikan yang terus berubah saat ini.

References

Islam, R., & Globalisasi. (2024). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Globalisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 12(1), 45–56.

Kurnia Restu, & Muhtar. (2022). Pendidikan Sosial Berbasis Internasional dalam Perspektif Global. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 10(2), 134–14

Noviati, N. (2022). Tantangan Globalisasi dalam Dunia Pendidikan: Analisis Transformasi Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 22–33.

Sulastri, T., Rahayu, D., & Firmansyah, R. (2023). Pendidikan dan Nilai Sosial dalam Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 6(3), 98–109.

Suwandi, S., & Hadi, S. (2021). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Global: Studi Kasus Adaptasi Kurikulum di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 45–60.

Yulianto, A., & Wijaya, H. (2020). Globalisasi dan Transformasi Pendidikan: Analisis Kebijakan Kurikulum Berbasis Kompetensi Global. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(3), 201–215.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Rahmadani, S., Moulida , A., & Sari, C. K. (2025). Globalisasi dan Transformasi Pendidikan: Menyongsong Sistem Pendidikan Berbasis Internasional. EducanduM, 18(1), 11–14. https://doi.org/10.24114/em.v18i1.65824

Issue

Section

Articles