Tinjauan Literatur: Penerapan Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Bernike Sinaga Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
  • Novia Raya Naomi Sirait Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Onma Nikita Putri Saragih Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Nur Rarastika Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/em.v18i1.66220

Abstract

This study aims to explore the application of deep learning technology in teaching mathematics in elementary schools. Employing a qualitative approach through a literature review, the research analyzes various sources discussing the integration of deep learning in the context of mathematics education. The findings indicate that the use of deep learning enhances students' understanding of mathematical concepts by providing adaptive learning materials responsive to individual students' needs. Furthermore, the implementation of this technology fosters the development of critical thinking and problem-solving skills among students. However, the implementation of deep learning in mathematics education at the elementary level faces challenges such as the need for adequate technological infrastructure, educator training, and curriculum adjustments. Nevertheless, the potential of deep learning in mathematics education is substantial, offering a more engaging and effective learning experience for elementary school students.

References

Anggraini, D., & Saija, A. "Eksplorasi Etnomatematika pada Gerakan Tari Manuk Dadali Terhadap Konsep Geometri." Prosiding Santika 3: Seminar Nasional Tadris

Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2023: 533-540.

Armanto, D., Mailani, E., & Surya, E. Asyiknya Matematika Realistik Kelas 5 SD: Buku Guru Kurikulum 2013. Malang: CV. Azizah Publishing., 2019.

D'Ambrosio, U. Etnomatematika: Teori dan Praktiknya dalam Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Indonesia Press., 2001.

Hidayat, R., Supriadi, N., & Nurhadi, D. "Penerapan Pendekatan Etnomatematika pada Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa." Jurnal Pendidikan Matematika, 2021: 15(2), 85-93.

Mailani, E., & Ketaren, M.A. Pengembangan Buku Profesi Kependidikan Sekolah Dasar Berbasis AR untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Mahasiswa PGSD UNIMED. Medan: Universitas Negeri Medan, 2024.

Mailani, E., & Nurhudayah. Geometri dan Pengukuran. Medan: Lembaga Kajian Manajemen Bisnis dan Pendidikan., 2023.

Mailani, E., & Simbolon, N. Geometri dan Pengukuran. Medan: Lembaga Kajian Manajemen Bisnis dan Pendidikan., 2023.

Maryanti, E., Astuti, R., & Wahyudi, I. "Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri Berbasis Budaya Sunda." Jurnal Didaktik Matematika, 2021: 8(1), 23-35.

Pranata, Y.D., & Wibowo, R. "Nilai Matematis dalam Pola Bangunan Rumah Adat Toraja sebagai Media Pembelajaran Geometri." Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2019: 10(2), 45-56.

Purnomo, S. Penerapan Pendekatan Berbasis Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.

Rizkadilia, F.F., Mailani, E., Tarigan, D., Simanjuntak, E.B., & Peranginangin, L.M. "Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Perkalian Bilangan Desimal di Kelas V T.A 2022/2023." Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 2023: 14(2), 70–76.

Sari, D.P., & Saija, A. "Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Rumah Adat Kajang Lako Jambi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Matematika, 2023: 7(1), 1-10.

Sari, D.P., & Saija, A. "Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Kajang Lako Jambi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Matematika, 2023: 7(1), 1-10.

Sari, D.P., & Saija, A. "Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Panggung Kranggan Bekasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika." Prisma, 2023: 12(2), 1-10.

Sari, D.P., & Saija, A. "Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Suku Lio Kabupaten Ende untuk Pembelajaran Geometri.." Jurnal Pendidikan Matematika, 2023: 7(1), 1-10.

Sari, D.P., & Saija, A. "Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Matematika, 2023: 7(1), 1-10.

Sari, D.P., & Saija, A. "Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Gudang Betawi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika." Konstanta Widyakarya, 2023: 1(1), 1-10.

Suherman, E., & Sudarsono, S. "Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Lokal dalam Perspektif Etnomatematika." Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2018: 20(1), 102-115.

Wardani, P., & Putri, W. " Analisis Nilai Etnomatematika pada Pola Lantai Rumah Adat Minangkabau." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 2020: 6(3), 52-62.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Sinaga, B., Novia Raya Naomi Sirait, Onma Nikita Putri Saragih, Elvi Mailani, & Nur Rarastika. (2025). Tinjauan Literatur: Penerapan Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar . EducanduM, 18(1), 50–54. https://doi.org/10.24114/em.v18i1.66220

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)