KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SMAN 2 LUBUK PAKAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimanakah kebijakan kepala sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Metode Penelitian adalah penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data adalah observasi wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru BK SMA. Temuan penelitian ini adalah kebijakan kepala sekolah terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling telah memberikan laynan informasi, bimbingan kelompok, layanan individual. Dan layanan mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan, jenis layanan bk sudah menunjukkan bahwa jenis layanan informasi, layanan bimbingan kelomopok, konseling individual, layanan medias, sudah terlaksana dengan baik dalam pelaksanaan BK di sekolah. Anggapan BK sebagai polisi sekolah sudah mulai hilang karena kebijakan kepala sekolah yang menetapkan guru BK tidak boleh menghukum siswa, berarti kepala sekolah sudah memahami peran dan fungsi BK. Simpulan penelitian ini bahwa pada dasarnya kebijakan terhadap pelaksanaan layanan BK diinovasi dan dikembangkan sendiri oleh sekolah dengan kebutuhan dan kondisi sekolah. Kepala sekolah sudah mengetahui dan memahami peran serta tnggung jawab terhadap pelaksanaan layanan BK.
Kata kunci : kebijakan, kepala sekolah, pelayanan BK
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 206 timesPDF - 321 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.