MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam)
DOI:
https://doi.org/10.24114/em.v10i1.9742Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah manajemen sarana dan prasarana pendidikan dan pengelolaan sarana dan prasarana Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Temuan penelitian, SMA Negeri 2 Lubuk Pakam sudah memiliki sarana dan prasarana yang disyaratkan undang-undang tetapi dalam pengelolaannya belum menerapkan prinsip-prinsip manajemen modern. meliputi fungsi perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan serta penilaian dan pengawasan. Simpulan penelitian SMA Negeri 2 Lubuk Pakam sudah memiliki sarana dan prasarana sekolah minimum, dan dalam pengelolaan sarana dan prasaranya belum menggunakan prinsip-prinsip manajemen modern sehingga standar sarana dan prasarana pendidikan belum terpenuhi. Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan prasaranaDownloads
How to Cite
Bancin, A., & Lubis, W. (2018). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam). EducanduM, 10(1), 62–69. https://doi.org/10.24114/em.v10i1.9742
Issue
Section
Articles