The Relationship Between the Formation of Study Groups and Student Learning Independence
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1171-1183.
Arfiah, S. (2017). Penerapan metode kerja kelompok untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V C SD Negeri 004 Tembilahan kecamatan Tembilahan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6, 267-275.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Isjoni. 2009. “Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, Sigit Nur, dan Noor, Aisyah Juliani. 2013. Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1
Hayati, Indri Nur. 2009. “Implementasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Dan Hasil Belajar Matematika Untuk Pokok Bahasan Kesebangunan Pada Siswa Kelas IX-I SMP N 1 Pacitan”. Skripsi. Yogyakarta: UNY. (TidakDipublikasikan).
Hasanah, Z. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa . Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1, 1-13.
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Improving Instruments of Students Self-Regulated Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 85-99.
Mudjiman, Haris. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.
Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Mustafida, F. (2020). Pendidikan Islam multikultural (konsep dan implementasi proses pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis nilai-nilai multikultural). Depok: Rajawali Pers.
Noor Syam, Muhammad. 1999. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Purba, Edward & Yusnadi. (2015). Filsafat Pendidikan. Medan: UNIMED Press
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2019. Model Pembentukan Kelompok Bervariasi Untuk membangkitkan motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran dan Pengembangan, 1(1)
DOI: https://doi.org/10.24114/icp.v4i1.58807
Article Metrics
Abstract view : 70 timesPDF - 62 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Gedung 72 Lantai 2
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.