Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Intensitas Research and Development Terhadap Kinerja Keuangan Peusahaan Pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Taufik Hidayat, Yiera Pasa Humairah

Abstract


Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini, apakah struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan intensitas R&D berpengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan tujuan untuk menguji pengaruh, baik secara parsial mapun simultan antara kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan intensitas R&D terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini difokuskan pada 168 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Metode pengambilan sampel yang menggunakan purposive sampling, dengan hasil sampel sebanyak 12 perusahaan terpilih, sesuai dengan kriteria sampling dan diambil untuk 3 tahun pengamatan.

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, demikian halnya pada ukuran perusahaan  dan intensitas R&D yang memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Untuk hasil simultan menunjukkan bahwa kepemilikan instituional, ukuran perusahaan dan intensitas R&D berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan dan intensitas R&D berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Kata Kunci : Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Intensitas R&D, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v8i1.19069

Article Metrics

Abstract view : 421 times
PDF - 516 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.