PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN (QUIPPER SCHOOL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Akuntansi kelas X SMK N 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan media pembelajaran Quipper School. Target penelitian ini adalah untuk dijadikan kerangka dasar dalam mengembangkan media pembelajaranQuipper Schooluntuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan pada siswa kelas X menggunakan tekhnik purposive random sampling, diperoleh kelas XAk1 sejulah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XAk4 sejumlah 38 siswa sebagai kelas control. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan lembar observasi, pre-tes dan post-test. Tes terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda untuk kemampuan dasar-dasar akuntansi perusahaan jasa. Tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pre-tes) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (post-test). Tekhnik analisis data yang digunakan adalaj uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas control.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata pre-test. Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas control setelah diberi perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji Homogenitas. Diperoleh (sig)……. Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar kelas X dengan quipper school dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0.001< (sig) 0.05.
Key Words : Media Pembelajaran Akuntansi, Quipper School, Hasil Belajar Siswa Akuntansi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v8i2.21357
Article Metrics
Abstract view : 424 timesPDF - 369 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.