Hubungan Pengetahuan Garnis Dengan Hasil Belajar Makanan Indonesia Di SMK Negeri 1 Simanindo Kabupaten Samosir
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengetahuan siswa tentang garnis; (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran makanan Indonesia; (3) Hubungan pengetahuan garnis dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran makanan Indonesia. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Simanindo, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Jasa Boga kelas XI dengan jumlah 32 orang, teknik pengambilan sampel secara total sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa. Waktu penelitian Januari –Maret 2016.Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk pengetahuan garnis sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dengan uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji lineritas, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini tingkat kecenderungan pengetahuan garnis termasuk kategori cenderung cukup sebesar 75 persen dengan Mi sebesar 21 dan Sdi sebesar 7. Variabel hasil belajar makanan Indonesia termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 87,5dengan Mi sebesar 50 dan SDi sebesar 17. Hasil analisis koefisien korelasi product moment antar variabel adalah signifikan antara hubungan pengetahuan garnis dengan hasil belajar makanan Indoesia dengan nilai (rhitung = 0,582 > rtabel = 0,349). Dengan demikian semakin tinggi variabel pengetahuan garnis maka akan semakin tinggi hasil belajar makanan Indonesia.
Kata Kunci : Pengetahuan, Garnis, Makanan Indonesia
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) the students' knowledge of garnis; (2) Student learning outcomes in Indonesian food subjects; (3) The relationship between garnis knowledge and student learning outcomes in Indonesian food subjects. This research design is descriptive correlational. The research location at SMK Negeri 1 Simanindo, the population of this study were all students of Catering Service class XI with a total of 32 people, the sampling technique was total sampling so that the total sample was 32 students. The research period was January-March 2016. The data collection technique used a test for the knowledge of the garnish, while the student learning outcomes were obtained from the odd semester scores for the 2015/2016 academic year. The data analysis technique used is descriptive data with trend test, analysis requirements test with normality test and linearity test, hypothesis testing with product moment correlation test. Based on the results of this study, the level of knowledge of garris tended to be adequate by 75 percent with noodles at 21 and SD for 7.Indonesian food learning outcomes were high at 87.5 with noodles at 50 and SDi at 17. The results of the product correlation coefficient analysis The moment between variables is significant between the relationship between garnis knowledge and learning outcomes of Indonesian food and the value (rcount = 0.582> rtable = 0.349). Thus, the higher the knowledge variable of the garris, the higher the learning outcomes of Indonesian food.
Keywords: Knowledge, Garnis, Indonesian Food
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Abdurrahman, Mulyono.2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Almatsier, S. (2004). Prinsip Ilmu Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Diana. 2015. Hubungan Pengetahuan Warna dengan Hasil Praktek Garnis Cake pada Siswa Kelas XI SMK Shandy Putra 2 Medan. FT. UNIMED.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. “Strategi Belajar Mengajar”. Jakarta: Rineka Cipta
Ekawatiningsih, Prihastuti, dkk. 2012. Restoran Jilid I. Departemen Pendidikan Nasional.
Ekawatingsih, Prihastuti, dkk. 2012. Restoran Jilid III. Departemen Pendidikan Nasional.
Bondan, Bahri. 2013. Patiseri Jilid I. Departemen Pendidikan Nasional.
Fridiarty,Lelly, dkk. 2013. Dekorasi Penataan Dan Penyajian Makanan. Medan. UNIMED.
Handayani, Nila. 2012. Pengetahuan Bahan Makanan. Medan. UNIMED
Hernanto. 2011. Garnish Flora. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2015. Jakarta
Kurikulum SMK Pariwisata. 2013
Manalu, Indah Rohani. 2014. Hubungan Pengetahuan Seni Desain dengan Penerapan Warna Pada Garnis Cake Siswa Kelas X di SMK Shandy Putra 2 Medan. Skripsi. FT. UNIMED.
Mochantoyo, Suwarti. 2011. Pengolahan Makanan Untuk SMK Kelompok Pariwisata. Jakarta : Gramedia Pusat Jakarta
Notoadmojo. 2007. Promosi Kesehatan Ilmu dari Seni. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Novriyanda SA. 2014. Seni Ukir Buah dan Sayur dalam Rangkaian Bunga & Dekorasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Poerwadarminta, W.J.S. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Pregiwati, Dyah. 2011. Hubungan Pengetahuan Garnis Dengan Hasil Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Pada Siswa Tata Boga Kelas XI di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi. FT. UNY
Purwanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung : CV Yrama Widya
Rasti, A. Yahya. 2014. Kreasi Unik dan Mudah Garnis. Jakarta : CV Pustaka Setia
Siska S. 2012. Aneka Makanan Tradisional Nusantara. Jakarta. Gramedia.
Sinamo, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sudijono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.
Sugihartono. (2010). Kumpulan Resep Soto dan Sup. Jakarta :Demedia
Suryana. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Syah Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja grafindo Persada
Tarigan, Albert Efrata. 2013. Hubungan Pengetahuan Garnis dengan Hasil Pengolahan dan Penyajian Makanan Penutup (Dessert) Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Skripsi. FT. UNIMED.
Wiwi, Pratiwi. 2013. Boga Dasar Persiapan Dasar memasak. Direktorat Pembinaan SMK.
Wulandri, Sri. 2015. Hubungan Pengetahuan Garnis dengan Hasil Pengolahan dan Penyajian Hidangan Kontinental Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 12 Padang. Skripsi.FT. UNP.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i2.25308
Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF - 415 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.