Hubungan Pengetahuan Siswa Tentang Makanan Yang Sehat Dengan Pemilihan Makanan Jajanan Siswa SMP Negeri 3 Air Putih

Annisa Nur Fadila Annisa Nur Fadila Siti Sutanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengetahuan siswa tentang makanan yang sehat; (2) Pemilihan makanan jajanan siswa; (3) Hubungan pengetahuan siswa tentang makanan yang sehat dengan pemilihan makanan jajanan siswa. Penelitian dilaksanakan pada Januari-Februari 2016. Lokasi penelitian SMP Negeri 3 Air Putih. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 255 orang. Penentuan sampel dengan cara  Probability Sampling, sehingga jumlah sampel penelitian 72 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pengetahuan siswa tentang makanan yang sehat dengan menggunakan tes dan pemilihan makanan jajanan siswa dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian uji kecenderungan pengetahuan siswa tentang makanan yang sehat cenderung cukup (77,7%) dan hasil pemilihan makanan jajanan siswa cenderung cukup (88,8%). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara pengetahuan siswa tentang makanan yang sehat dengan pemilihan makanan jajanan siswa, dengan nilai rhitung = 0,660 > rtabel = 0,235 pada taraf signifikan 5%. Artinya semakin tinggi pengetahuan siswa tentang makanan yang sehat, maka semakin baik pemilihan makanan jajanan.

Kata Kunci : Pengetahuan , Makanan Sehat, Makanan jajanan

 

                                                 ABSTRACT

This study aims to determine: (1) Students' knowledge of healthy food; (2) Selection of student snacks; (3) The relationship between students' knowledge of healthy food and the selection of student snacks. The research was conducted in January-February 2016. The research location was SMP Negeri 3 Air Putih. The population in this research were all students of class VII with a total of 255 people. Determination of the sample by means of Probability Sampling, so that the number of research samples 72 people. The instrument used to collect data on students' knowledge about healthy food by using tests and the selection of snacks for students using a questionnaire. Data analysis using descriptive, requirements analysis with normality test, linearity test, hypothesis testing with product moment correlation. Based on the results of the research, the tendency of students 'knowledge about healthy food tended to be sufficient (77.7%) and the results of students' snack food selection tended to be sufficient (88.8%). The results of the analysis showed that there was a correlation between students' knowledge of healthy food and the choice of student snacks, with a value of rcount = 0.660> r table = 0.235 at a significant level of 5%. This means that the higher the students' knowledge about healthy food, the better the selection of snack foods.

Keywords: Knowledge, Healthy Food, Snack Food


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aninom. 2002. Foodborne Disease. http://www.deptan.go.id/bbkptgpriok/admin/ rb/foodborne.pdf. Diakses pada tanggal 30 September 2015.

Ariandani, Bondika A. 2011. Faktor yang berhubungan dengan pemilihan makanan jajanan pada anak sekolah dasar. . Diakses 30 September 2015.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Managemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barasi, Mary E. 2007. Ilmu Gizi. Jakarta: Erlangga.

Damayanti, Diana. 2013. Makanan Dan Kegiatan Sekolah Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dep.Kes RI. 2008. Kandungan Makanan Sehat . http//www.com.dep.kes.id. Diakses pada tanggal 10 Desember 2015.

Departemen Kesehatan RI .2008. Keputusan Menteri kesehatan RI, No:920/ Menkes/ sk/VIII/ 2002 tentang Klasifikasi Status Gizi Anak. Jakarta.

Deta, Yadison. 2013. Makalah Makanan Sehat. (Online) dalam http://sepengatahuanku.blogspot.com/2012/10/makalah-tentang-makanan-sehat (diakses 29 September 2015).

Diktorat Gizi Masyarakat. 2011. Makanan Sehat . Http//www.com.dep.kes.id. Diakses pada tanggal 10 Desember 2015.

Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA. 2011. Rencana Aksi Pembinaan Gizi Masyarakat (RAPGM) Tahun 2011 – 2014. Jakarta. Diakses 30 September 2015.

Eddy Setyo Mudjajanto. 2005. Kemanan Makanan jajanan Tradisional

Evy. 2008. Keamanan pangan di sekolah rendah. . Diakses pada tanggal 30 september 2015.

Februhartanty, J, & Iswarawanti, D.N. Tanpa tahun. Amankah Makanan Jajanan Anak Sekolah di Indonesia?. http:www.gizi.net/cgi-bin/berita/ fullnews.cgi/n. Diakses 30 September 2015.

Februhartanty. 2004. Amankah Makanan Jajanan Anak Sekolah Di Indonesia. www.Gizi.Net (Diakses 4 April 2015).

Haryati, N.S., Irawan, R., dan Hidayat, B. 2006. Obesitas pada Anak. Tersedia di: http://www.pediatrik.com/. Diakses tanggal 8 Februari 2015.

Heni. 2007. 10 Tips Bentuk Membentuk Makanan Sehat. http.www. frisian flag.co.id diakses tanggal 10 Maret 2010

http://www.gizi.net/?show=detailnews&code=956&tbl. Diakses 10 Desember 2015.

http://www.majalahsekar.com/BPOM/index.php/2011/03/makananjajanan. Diakses pada tanggal 10 Desember 2015.

http://www.majalahsekar.com/YLKI/index.php/2011/03/makananjajanan. Diakses pada tanggal 10 Desember 2015.

Irianto, Kus. 2007. Gizi Dan Pola Hidup Sehat. Bandung: Cvyrama Widya.

Isnaini. 2011. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Judarwanto, W. 2008. Perilaku makan anak sekolah, . Diakses 30 September 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2003. Jakarta: Bumi Aksara.

Khomsan, A. 2002. Peranan Pangan dan Gizi untuk Kualitas Hidup. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Moerhjipto. 2003. Berbagai cara pendidikan gizi. Jakarta: Bumi Aksara.

Moerhjipto. 2009. Persatuan Ahli Gizi. Jakarta: Pustaka Gramedia.

Moestue, Huttly. 2008. Makanan Sehat . Http//.www.info-kia.com. diakses pada tanggal 3 Agustus 2015.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi penelitian kesehatan edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2003. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nurheti, W. 2007. Hubungan Antara Frekuensi Jajan di Sekolahdan Status Gizi Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Wonotingal 01-02 Candisari Semarang Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang. Diakses 25 Septeember 2015.

Oktavia, Lila. 2013. Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Dalam Pemilihan Jajanan Sehat Menggunakan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga. Skripsi. Universitas Negeri Diponegoro, Semarang. Diakses pada tanggal 10 Desember 2015.

PERSAGI . 2009. Kamus Gizi. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Persatuan Ahli Gizi RS Cipto Mangunkusumo. 2008. Gizi. Jakarta: RS Cipto Mangunkusumo.

Prasetyono. 2009. Pemenuhan Bahan Makanan Sehat. Jakarta: Bina Pustaka Pemda, 2010. UMR Kabupaten Madiun

Pudjiadi S. 2000. Ilmu gizi klinis pada anak. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Putra, Andhika Eka. 2009. Gambaran Kebiasaan Jajan Siswa di Sekolah Studi di Sekolah Dasar Hj. Isriati Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro (Online) dalam 271_Andhika_Eka_P_G2C005256.pdf. Diakses 29 September 2015.

Rakhmawati, L. 2009. Kontribusi makanan di sekolah dan tingkat kecukupan energi dan zat gizi pada anak usia sekolah dasar di kota Bogor. Bogor. Diakses 30 Septemebr 2015.

Republika. 2004. Kalau Mau Sehat, Jangan Tinggalkan Kebiasaan Sarapan. www.google.com. Diakses pada 8 Februari 2015.

Sinuaji. 2002. Kesehatan Keluarga. Jogyakarta : Oriza. (Pusdat Nasional, 2009). http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=24&id=59.

Solihin, P. Amalia. 2013. Ilmu Gizi Pada Anak. Jakarta: Universitas Indonesia.

Solihin. 2005. Mengenal Makanan Dan Kesehatan. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Suci, Euinike Sri Tyas. 2009. Gambaran Prilaku Jajan Murid Sekolah Dasar Di Jakarta. Jakarta: Dalam Jurnal Psikobuana. Vol. 1. No. 1.29-38.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i2.25315

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.