Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar Siswa SMK Negeri 10 Medan

Ayu Elisa P. Hutagalung Ayu Elisa P. Hutagalung Nila Handayani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar Boga Dasar siswa SMK Negeri 10 Medan. Desain penelitian ini adalah Cross Sectional. Waktu penelitian Agustus – November  2015. Lokasi penelitian di SMK Negeri10 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tata boga kelas XI dengan jumlah 61 orang. Teknik pengambilan sampel secara total sampling. Jumlah sampel sebanyak 61 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data bimbingan orang tua dikumpulkan dengan menggunakan angket, sedangkan data hasil belajar Boga Dasar menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, dan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, karakteristik keluarga yaitu usia ayah rataan 47,77 ±5,74 tahun dan usia ibu rataan 43,74 ±5,99 tahun,  pendidikan ayah rataan 11,59 ± 3,33 tahun dan pendidikan ibu rataan 11,87 ± 3,14 tahun, pekerjaan bervariasi yaitu wirausaha, Karyawan Swasta,PNS/TNI/Polri, buruh, pedagang, petani, dan bahkan ada yang tidak bekerja sedangkan pendapatan ayah rataan Rp 2040983.61 ± 1403255.39 dan pendapatan ibu rataan Rp 2040983.61 ±1403255.39. Tingkat kecenderungan variabel bimbingan orang tua termasuk kategori cenderung sedang sebesar 93,44 persen, dengan Mi = 103 dan Sdi = 34. Tingkat kecenderungan variabel hasil belajar Boga Dasar siswa termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 67,21 persen dengan Mi = 50 dan Sdi =17. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 74,347 + 0,5.X1. Pengaruh bimbingan orang tua  terhadap hasil belajar Boga Dasar  siswa SMK Negeri 10 Medan  dengan hasil uji F diperoleh fhitung dengan taraf signifikan 5% (α=0,05) adalah 18,47 sedangkan ftabel = 4,00. Ternyata Fh > Ft yaitu (18,47 > 4,00), artinya ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar Boga Dasar siswa SMK Negeri 10 Medan. Koefisien determinasinya (R2) sebesar (0,781)2 = 0.610 atau 61 persen, artinya  bimbingan orang tua siswa sebesar 61 persen diperoleh dari hasil penelitian ini, sisanya 39 persen diperoleh dari faktor lain di luar penelitian ini.

 Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar, Boga Dasar

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of parental guidance on learning outcomes of basic food for students of SMK Negeri 10 Medan. The design of this research is cross sectional. Research time August - November 2015. Research location at SMK Negeri10 Medan. The population in this study were all students of class XI with a total of 61 students. The sampling technique is total sampling. The number of samples was 61 students. Data collection techniques using questionnaires and tests. Parental guidance data was collected using a questionnaire, while the data on Basic Catering learning outcomes used a test. The data analysis technique used was descriptive data, trend testing, and hypothesis testing using a simple regression test. Based on the results of this study, the characteristics of the family were the average father's age of 47.77 ± 5.74 years and the average maternal age of 43.74 ± 5. .99 years, father's education averaged 11.59 ± 3.33 years and mother's education averaged 11.87 ± 3.14 years, varied occupations, namely entrepreneurs, private employees, civil servants/TNI/Polri, laborers, traders, farmers, and even there are those who do not work, while the average income of the father is Rp. 2040983.61 ± 1403255.39 and the average income of the mother is Rp. 2040983.61 ±1403255.39. The level of tendency of the variable of parental guidance including the category tends to be moderate by 93.44 percent, with Mi = 103 and Sdi = 34. The level of tendency of the variable learning outcomes of Basic Catering students is included in the category tends to be high at 67.21 percent with Mi = 50 and Sdi = 17 . The results of simple linear regression analysis obtained a regression equation, namely Y = 74.347 + 0.5.X1. The effect of parental guidance on learning outcomes of Basic Catering for students at SMK Negeri 10 Medan with the F test results obtained by fcount with a significant level of 5% (α = 0.05) is 18.47 while ftable = 4.00. It turns out that Fh> Ft, namely (18.47> 4.00), which means that there is an effect of parental guidance on the learning outcomes of students of SMK Negeri 10 Medan. The coefficient of determination (R2) is (0.781)2 = 0.610 or 61 percent, meaning that 61 percent of parental guidance is obtained from the results of this study, the remaining 39 percent is obtained from other factors outside of this study.

Keywords: Parental Guidance, Learning Outcomes, Basic Culinary


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono. 2009. Psikologi Penddikan. Jakarta: Rieneka Cipta

Dharmayanti. 2013. Boga Dasar 2 Persiapan Dasar Masakan Indonesia. Depok: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Pembinaan SMK

Izzaty, Rita Eka dkk. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Mulus, Ika. 2013. Peranan Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. http://ikamulus.blogspot.co.id/2013/11/peranan-bimbingan-orang-tuaterhadap.html?m=1. Diakses pada tanggal 23 Januari 2016

Purwanto. 2011 Evaluasi Hasil Belajar (Edisi III) Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sudjana, N. 2009. Penlaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sudjana, A .2010. Metode Statistik, Bandung : Tarsito

Sugiyono, 2011 . Statistika untuk penelitian. Bandung : CV. Alfabeta

Tohirin, 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Grafindo Persada

Yacob, H.M, 2005, Orang Tua Bijaksana & Generasi Penerus yang Sukses. Medan:Yayasan Mandera Medan




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i2.25318

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.