Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Dukungan Orangtua Dengan Hasil Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Pencawan Medan

Devy Permata Sari Frida Dinar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan hasil belajar pengolahan Makanan Kontinental siswa kelas X SMK Pencawan. Untuk mengetahui hubungan dukungan yang diberikan orang tua dengan hasil belajar pengolahan Makanan Kontinental siswa kelas X SMK Pencawan, dan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dan dukungan orang tua dengan hasil belajar pengolahan Makanan Kontinental siswa kelas X SMK Pencawan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2016. Lokasi Penelitian penelitian di SMK Pencawan Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa sebanyak 41 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang siswa. Teknik analisis data dilakukan secara derskripstif dengan menggambarkan hasil penelitian sesuai apa yang disimpulkan melalui penghitungan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya pada siswa kelas X SMK Pencawan Medan dikategorikan cenderung sedang (78%). Dukungan orangtua siswa kelas X SMK Pencawan Medan dikategorikan cenderung sedang (90,2%). Hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa kelas X SMK Pencawan Medan dikategorikan cenderung tinggi (58,5%). Terdapat hubungan yang signifikan dan berarti antara dukungan sosial teman sebaya dan hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa kelas X SMK Pencawan Medan (rh > rt yaitu 0,602>0,308). Terdapat hubungan yang signifikan dan berarti antara dukungan orangtua dan hasil belajar makanan kontinental siswa kelas X SMK Pencawan Medan Medan (rh > rt yaitu 0,381 > 0,308). Terdapat hubungan yang signifikan dan berarti secara bersama-sama antara dukungan sosial teman sebaya dan dukungan orangtua dengan hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa kelas X SMK Pencawan Medan,  dengan hasil Fhitung > Ftabel (11,28> 3,23). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi ganda pada taraf signifikansi 5 %.

 Kata Kunci: Dukungan Sosial, Dukungan Orangtua, Hasil Belajar

 ABSTRACT

 This study aims to determine the relationship between peer social support and learning outcomes of Continental Food processing students of class X SMK Pencawan. To find out the relationship of support provided by parents with the learning outcomes of Continental Food processing students of grade X SMK Pencawan, and to determine the relationship between peer social support and parental support with the learning outcomes of Continental Food processing students of class X SMK Pencawan. This research was conducted in January - February 2016. The research location was at SMK Pencawan Medan. The study population was all students as many as 41 people. Sampling was done using a total sampling technique with a total sample of 41 students. The data analysis technique was carried out descriptively by describing the results of the research according to what was concluded through the computation of a questionnaire. The results showed that peer social support in the tenth grade students of SMK Pencawan Medan was categorized as tending to be moderate (78%). The support from the parents of class X SMK Pencawan Medan tends to be moderate (90.2%). The learning outcomes of the students of class X SMK Pencawan Medan tend to be high (58.5%). There is a significant and meaningful relationship between peer social support and learning outcomes of continental food processing students of class X SMK Pencawan Medan (rh> rt, namely 0.602> 0.308). There is a significant and meaningful relationship between parental support and the learning outcomes of class X students of SMK Pencawan Medan Medan (rh> rt, namely 0.381> 0.308). There is a significant and meaningful relationship jointly between peer social support and parental support with the learning outcomes of the class X students of class X SMK Pencawan Medan, with the results of Fcount> Ftable (11.28> 3.23). Thus it can be concluded that the multiple correlation coefficient is at a significance level of 5%.

 Keywords: Social Support, Parental Support, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Adrians, (2014), Dukungan Teman Sebaya, diakses tanggal 20 Maret 2015 dari http://Adrians.blogspot.com.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

___________2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Dariyo Agus. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja . Bogor Selatan : Ghalia Indonesia

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Emilia, Esi. 2013. Makanan Kontinental. Medan : Unimed Press

Hasbullah. 2011. Dasar-dar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hurlock Elizabeth B. 2009. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga

Ihromi. 1999. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Obor Indonesia

Ihsan Fuad. 2010. Dasar-dasar kependidikan. Jakarta : Rineka cipta

Lalim, Yasnita. 2011. Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMA di Surabaya. SKRIPSI. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala

Mariska Devi, (2011) Cooking Kontinental Pengertian Soup, diakses tanggal 20 Maret 2015 dari http:// mariska 55.wordpress.com

Meilina (2011), Pengaruh Dukungan Teman Sebaya, diakses tanggal 20 Maret 2015 dari http://meilina.blogspot.com

Mutiara Erli dan Nila Kesuma. 2009. Pengolahan Makanan Kontinental (Diktat), Medan : UNIMED

Nainggolan E. 2011. Pembinaan Generasi Muda, Bahan Kuliah. Universitas Negeri Medan

Padomartono S, 2014. Konseling Remaja. Yogyakarta : Ombak

Purba Edward. 2013. Filsafat Pendidikan. Medan : Unimed Press

Santrock John W. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta : Erlangga

Sarafino.1998. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Dukungan Orang Tua

Slameto. 2003. Hasil Belajar, diakses 18 September 2013 dari http://www.SOE/CL.Network?WhatisCL

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito

Taylor, S.E. 2006. Health psychology (6th ed). McGraw Hill




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i1.26221

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.