Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Terhadap Hasil Belajar Tata Boga SMA Swasta Istiqlal Delitua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Tata Boga; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar pada mata pelajaran Tata Boga; (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis prezi terhadap hasil belajar Tata Boga siswa SMA Swasta Istiqlal Delitua. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMA Swasta Istiqlal Delitua.Waktu penelitian dilaksanakan pada Januari – Maret 2017. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 2 kelas terpilih yang berjumlah 72 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi pada pelajaran Tata Boga termasuk kategori cenderung tinggi dengan persentase 91,67 persen dan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar pada pelajaran Tata Boga termasuk kategori cenerung cukup dengan persentase 69,44 persen. Hasil uji liliefors pada kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi pada pelajaran Tata Boga diperoleh nilai Lhitung<Ltabel (0,073 < 0,147), sedangkan pada kelas yang menggunakan media gambar pada mata pelajaran Tata Boga diperoleh nilai Lhitung<Ltabel (0,083 < 0,147). Uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel (1,73<1,84). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung>ttabel (8,756 >1,668) pada taraf signifikan 5 persen. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran berbasis prezi terhadap hasil belajar Tata Boga siswa SMA Swasta Istiqlal Delitua. Artinya media pembelajaran berbasis Prezi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Boga.
Kata Kunci : media pembelajaran berbasis prezi; hasil belajar tata boga.
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) The learning outcomes of students using Prezi-based learning media in Catering subjects; (2) Student learning outcomes using image media in Catering subjects; (3) The effect of the use of prezi-based learning media on the learning outcomes of Catering students of Istiqlal Delitua Private High School. This research design is a quasi experiment. The research location was at Istiqlal Delitua Private High School. When the research was carried out in January - March 2017. The determination of the class sample was carried out by simple random sampling technique of 2 selected classes, totaling 72 students. The research data were collected using tests. The data analysis technique used is the normality test using the Liliefors test, the homogeneity test using the F test and hypothesis testing using the t test. The results showed that the trend level of student learning outcomes using Prezi-based learning media in Catering lessons was categorized as high with a percentage of 91.67 percent and student learning outcomes using pictorial media in Catering lessons were in the category of moderate enough with a percentage of 69.44. percent. The results of the Liliefors test in a class using Prezi-based learning media in Catering lessons obtained a value of Lhitung <Ltabel (0.073 <0.147), while in a class using image media in the Catering subject, a value of Lhitung <Ltabel (0.083 <0.147) was obtained. Homogeneity test obtained Fcount <Ftable (1.73 <1.84). Based on the hypothesis test using the t test, the value of tcount> ttable (8.756> 1.668) was obtained at a significant level of 5 percent. Thus there is a significant influence on the use of prezi-based learning media on the learning outcomes of Catering for Istiqlal Delitua Private High School students. This means that Prezi-based learning media can affect student learning outcomes in Catering lessons.
Keywords: Prezi-based learning media; culinary learning outcomes.
Full Text:
PDFReferences
Chairuman, U. (2008). Rencana Pembelajaran yang Mengintegritaskan TIK dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusat TIK Departemen Pendidik Nasional.
Corputty, W. d. (2002). Tata Boga 2 & Tata Boga 3. Jakarta.
Diamond, S. (2010). Prezi for Dummies. Kanada: Wiley Publishing.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Rusyfian, Zurrahma. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini.Informatika: Bandung.
Saputra, I. P. (2011). Prezi The Zooming Prezentation. Jakarta: Elex Media.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Sinar Baru Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i2.26293
Article Metrics
Abstract view : 192 timesPDF - 156 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.