Hubungan Prestasi Belajar Dengan Minat Study Lanjut Keperguruan Tinggi Program Study Tata Boga SMA Swasta Istiqlal Delitua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa; (2) untuk mengetahui minat study lanjut ke Perguruan Tinggi Program Study Tata Boga siswa; (3)untuk mengetahui hubungan prestasi belajar siswa dengan minat study lanjut ke Perguruan Tinggi Program Study Tata Boga siswa SMA Istiqlal Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Istiqlal Delitua dengan jumlah 153 siswa. Pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive, dengan kriteria sampel siswa yang menyatakan berminat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi Prodi Tata Boga, sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa. Data prestasi belajar diambil dari nilai raport dari semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2014/2015, semester 3 dan 4 Tahun Ajaran 2015/2016 dan semester 5 Tahun Ajaran 2016/2017 dan minat study lanjut keperguruan Tinggi Program Study Tata Boga menggunakan angket. Analisis data menggunakan deskriptif data, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh prestasi belajar siswa termasuk cenderung cukup sebesar 44,44 persen, dan minat study lanjut ke Perguruan Tinggi Program Study Tata Boga termasuk cenderung cukup sebesar 94,44 persen. Hasil Analisis Uji Normalitas dengan dk= 5 pada variabel prestasi belajar yaitu c²hitung < c²tabel (3,57 < 11,070) dan variabel minat study lanjut ke Perguruan Tinggi Program Study Tata Boga yaitu c²hitung < c²tabel (6,09 < 11,070) pada taraf signifikan 5% berdistribusi Normal. Hasil Uji Linearitas Minat study lanjut ke Perguruan Tinggi Program Study Tata Boga (Y) atas Prestasi belajar (X) dengan nilai Fhitung < Ftabel yaitu (-3,85 < 2,45) adalah Linier dengan bentuk persamaan regresi Y = -46,90 + 2,08X pada taraf kepercayaan α = 0,05. Koefisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung> Ftabel (117,60 > 4,13). Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh korelasi rhitung sebesar 0,881 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 0,329. Dengan demikian harga rhitung> rtabel (0,881 > 0,329). Maka terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan minat study lanjut ke Perguruan Tinggi Program Study Tata Boga pada siswa SMA Istiqlal Delitua. Artinya, semakin tinggi prestasi belajar siswa maka semakin tinggi minat study lanjut ke Perguruan Tinggi Program Study Tata Boga.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Minat Study Lanjut, Program StudyTata Boga
ABSTRACT
This study aims to: (1) determine student achievement; (2) to determine the interest in further study at the College of Catering Study Program students; (3) to determine the relationship between student achievement and interest in further study at the Higher Education Catering Study Program for Istiqlal Delitua High School students. The population in this study were students of class XII SMA Istiqlal Delitua with a total of 153 students. Sampling was purposive sampling, with the criteria for a sample of students who expressed interest in continuing their studies at Higher Education for Catering Prodi. The sample of this study was 36 students. Learning achievement data is taken from the grades of report cards from semester 1 and 2 of the 2014/2015 Academic Year, semester 3 and 4 of the 2015/2016 Academic Year and semester 5 of the 2016/2017 Academic Year and interest in further study at higher education for the Catering Study Program using a questionnaire. Data analysis using descriptive data, requirements analysis with normality test, linearity test, hypothesis testing with product moment correlation. Based on the results of this study, it was found that the student's learning achievement was relatively sufficient at 44.44 percent, and the interest in further study at the Higher Education Catering Study Program was relatively sufficient at 94.44 percent. The results of the analysis of the normality test with dk = 5 on the learning achievement variable, namely ²count <²table (3.57 <11.070) and the interest variable for further study at higher education institutions in the Catering Study Program, namely ²count <² table (6.09 <11.070) at a significant level, 5% is normally distributed. Linearity Test Results Interests for further study at Higher Education Catering Study Program (Y) on learning achievement (X) with a value of Fcount <Ftable namely (-3.85 <2.45) is Linear with the form of regression equation Y = -46.90 + 2.08X at the level of confidence α = 0.05. The regression coefficient of Y on X is significant because Fcount> Ftable (117.60> 4.13). Based on the results of the product moment correlation analysis, the rcount correlation was 0.881 and the rtable value at the 5% significant level was 0.329. Thus the price rcount> rtable (0.881> 0.329). So there is a significant relationship between learning achievement and interest in further study at the Higher Education Catering Study Program for Istiqlal Delitua High School students. This means that the higher the student's learning achievement, the higher the interest in further study at the Higher Education Catering Study Program.
Keywords: Learning Achievement, Interest in Advanced Study, Catering Study Program
Full Text:
PDFReferences
Adesanjaya. (2012). Prestasi belajar siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Aniek Susilowati (2013). Dengan judul Hubungan Prestasi Belajar dengan Minat Study lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri Pada Siswa SMA Negeri 8 Surakarta. Skripsi. S1. Universitas Negeri Jakarta.
Arikunto. Suharsimi (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ayodya, Wulan. (2013). Mau Kemana Setelah SMA?. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Bartono (2010). Mengenal Dunia Tata Boga Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dani Sitompul (2012). Dengan judul Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Negeri 104 Jakarta Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi S1. Universitas Negeri Jakarta.
Daliyono. (2005). Panduan Peroses Pembelajaran. Jakarta : AV Publisher.
Depdiknas. (2016). Sekolah Menengah Atas. Diakses pada tanggal 25 Februari 2017 dari http://www.kemdikbud.go.id/mai n/search/sma.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara.
Dwi, Dwinta (2007). Dengan judul penelitian Hubungan Prestasi Belajar dengan Minat Melanjutkan Study ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Yapin Bekasi. Skripsi. S1. Universitas Negeri Jakarta.
Hadi, Soedomo. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Harjati (2008). Dasar – Dasar Kopetensi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Bumi Askara
Mulyasa. (2003). Psikologi Pendidikan. Surabaya : PT. Bina Ilmu
Mutiara, Erli. (2014). Metodologi Penelitian. Medan: Program Studi Pendidikan Tata Boga.
Nenfeldt dan Vianna. (2002). Webster’s New World Dictionary For Indonesia User English. Indonesia terjemahan. Salim. Jakarta: Modern English.
Oemar, Hamalik. (2005). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Purwanto, Ngalim (2007). Filosofi pembelajaran: Media Abadi.
Setiawan. (2008). Dasar – Dasar Boga. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto (2010). Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja
Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugihartono. (2007). Pengertian Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprapto. (2007). Penilaian Autentik Peroses Dan Hasil Belajar. Bandung: Interes Media
Sutisna. (2012). Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Suwarno, Wili. (2006). Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Syaiful, Bahri Djamarah. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru Surabaya: Usaha Nasional.
Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaodih Sukmadinata. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Uhbiyati, Nur. (1991). Pengantar Psikologi. Bandung : Angkasa
Winkel. W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i1.26308
Article Metrics
Abstract view : 81 timesPDF - 71 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.