Perbedaan Hasil Belajar Tata Boga Pada Siswa Jurusan IPA Dan IPS Kelas XI SMA Istiqlal Deli Tua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui hasil belajar Tata Boga pada kelas XI IPA (2) Untuk mengetahui hasil belajar Tata Boga pada siswa kelas XI IPS (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi Sup Indonesia pada siswa jurusan IPA dan IPS siswa kelas XI SMA Istiqlal Deli Tua”. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA dan IPS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Sampel yang di gunakan dalam pengambilan sampel adalah Random sampling. Maka sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dan IPS 1 yang berjumlah 62 orang. Data penelitian ini diambil dengan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik Analisis Data Uji Kecenderungan, Uji Persyaratan Analisis, Uji normalitas Liliefors, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Uji kecenderungan pada kelas IPA 3 di kategorikan tinggi sebesar 100% dengan rata-rata 71,69 dan standart deviasi 8,26. Sedangkan dikelas IPS 1 juga di kategorikan tinggi sebesar 100% dengan rata-rata 75,41 dan stadart deviasi 7,1. Pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung lebih kecil dari harga ttabel dimana thitung < ttabel yaitu(-2,67<1,67155), yang berarti dalam penelitian ini hipotesis ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar tata boga materi sup Indonesia pada siswa kelas XI IPA 3 dan IPS 1 SMA Istiqlal Deli Tua.
Kata kunci : Hasil Belajar, Tata Boga, SMA
ABSTRACT
This study aims to: (1) To find out the learning outcomes of Catering in class XI Science (2) To determine the learning outcomes of Catering in class XI Social Sciences (3) To determine the differences in learning outcomes of Indonesian Soup material for students majoring in Science and Social Sciences students class XI SMA Istiqlal Deli Tua". The population of this research is all class XI science and social studies. This research was conducted in May 2018. The sample used in sampling is random sampling. So the sample in this study was class XI IPA 3 and IPS 1, totaling 62 people. This research data is taken by test. The analysis technique used is the Tendency Test Data Analysis Technique, Analysis Requirements Test, Liliefors Normality Test, Homogeneity Test, Hypothesis Testing. Tendency test in IPA class 3 is categorized as high at 100% with an average of 71.69 and a standard deviation of 8.26. Meanwhile, the Social Studies class 1 is also categorized as high at 100% with an average of 75.41 and a standard deviation of 7.1. Testing the hypothesis by using the t-test, the value of tcount is smaller than the value of ttable where tcount < ttable is (-2.67 <1.67155), which means that in this study the hypothesis is rejected so it can be concluded that there is no difference in learning outcomes of soup material. Indonesia in class XI IPA 3 and IPS 1 SMA Istiqlal Deli Tua.
Keywords: Learning Outcomes, Catering, High School
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta
Bartono. (2010). Tata Boga Industri. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET
Djamarah, S.B dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Amri, Khairani (2014) “ Perbedaan Hasil Belajar Membuat Pola Busana Wanita Dengan Menggunakan Medai Alat Lebar Gantung Dan Media Papan Tulis Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran.
Purwanto, M Ngalim, (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Wulandari, Riska (2013) dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar mendesain kebaya modifikasi dengan metode copy the master Pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.
Rukiyah (2015) Perbedaan Hasil Belajar Pengawetan Bahan Nabati Yang Diajarkan Dengan Metode Kerja Kelompok Menggunakan Lembar Kerja Siswa Dan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas XI SMPN Sipispis.
Rahman, M. (2014) Model Pembelajaran Terintegraf. Jakarta : Pustaka
Sudjana N, (2015). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya
Setiawan (2008) Tata Boga Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Jakarta
Sugiyono. (2015). Studi Kasus Bimbingan Konseling. Semarang : UNNES PRESS Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i1.26310
Article Metrics
Abstract view : 165 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.