Pengaruh Media Pembelajaran Wordpress Terhadap Hasil Belajar Sanitasi Hygiene Dan Keselamatan Kerja SMK Negeri 7 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran wordpress pada pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja ; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar pada pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja ; (3) Pengaruh media pembelajaran wordpress terhadap hasil belajar Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja. Teknik pengambilan sampel secara Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Wordpress pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja termasuk kategori cenderung cukup sebesar 77,78 dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja termasuk kategori cukup sebesar 69,44. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan media pembelajaran Wordpress dengan nilai (Xhitung = 10,46 < Xtabel 11,07), dan kelas yang menggunakan media gambar yaitu (Xhitung = 8,77 < Xtabel 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung = 1,77 dan Ftabel = 1,89, maka dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel (1,04<1,89) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran wordpress dan data hasil belajar yang menggunakan media gambar adalah homogen. berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran Wordpress terhadap hasil belajar Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja thitung < ttabel (7,761> 1,668) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media pembelajaran Wordpress berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja.
Kata Kunci : Media, Wordpress dan Sanitasi
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) learning outcomes of students who use wordpress learning media in Sanitation, Hygiene and Occupational Safety lessons; (2) student learning outcomes using picture media in Sanitation, Hygiene and Occupational Safety lessons; (3) The influence of wordpress learning media on learning outcomes of Sanitation, Hygiene and Occupational Safety. The sampling technique was Simple Random Sampling with a total sample of 72 people. Data collection techniques using tests. The data analysis technique used data description, trend test, normality test using the chi square formula, homogeneity test, and hypothesis testing. The results showed that the trend level of student learning outcomes using Wordpress learning media in Sanitation, Hygiene and Occupational Safety Subjects was included in the fairly inclined category of 77.78 and the tendency level of student learning outcomes using image media in Sanitation, Hygiene and Occupational Safety Subjects. included in the sufficient category of 69.44. The results of the normality test of the two classes are normally distributed in the class that uses Wordpress learning media with a value (Xcount = 10.46 < Xtable 11.07), and the class that uses image media (Xcount = 8.77 < Xtable 11.07) . For the results of the homogeneity test, the value of Fcount = 1.77 and Ftable = 1.89, it can be concluded that Fcount < Ftable (1.04 <1.89) which means learning outcomes data using wordpress learning media and learning outcomes data using media image is homogeneous. based on the results of the t test there is a significant effect on the use of Wordpress learning media on the learning outcomes of Sanitation, Hygiene and Occupational Safety tcount < t table (7.761> 1.668) at a significant level of 5 percent. This means that Wordpress learning media has an effect on student learning outcomes in Sanitation, Hygiene and Work Safety lessons.
Keywords: Media, Wordpress and Sanitation
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta
Arsyad, Azhar.2015. Media Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Aspia, Asrar. 2016. Media Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana
Dimyati, 2016. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media
Jubillee, Enterprise. 2017. Blogspot dan Wordpress. Jakarta : Gramedia
Noviyanti, Masyitah. 2015. Media Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana
Sanjaya, Wina. 2017. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Prenamedia
Simanjuntak, Lisnawaty. 2015. Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja. Surabaya: Penerbit SIC
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i1.26332
Article Metrics
Abstract view : 99 timesPDF - 73 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.