Hubungan Minat Belajar Dan Pengetahuan Pengolahan Nugget Dengan Hasil Praktek Pembuatan Nugget Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Air Batu Asahan

Intan Cahaya Fatma Tresno Ingtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) minat belajar siswa, (2) pengetahuan pengolahan nugget siswa, (3) hasil praktek pembuatan nugget siswa, (4) hubungan minat belajar dengan hasil praktek pembuatan nugget ayam siswa, (5) hubungan pengetahuan pengolahan nugget dengan hasil praktek pembuatan nugget ayam siswa, (6) hubungan minat belajar dan pengetahuan pengolahan nugget dengan hasil praktek pembuatan nugget ayam siswa. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1Air Batu Asahan, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa IPA kelas XIdengan jumlah 32 orang teknik pengambilan sampel secara total sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa. Desain penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yaitu, angket minat belajar siswa, tes pengetahuan pengolahan bahan nugget serta pengamatan hasil praktek pembuatan nugget. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis yaitu : uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel minat belajar siswa dan variabel pengetahuan pengolahan nugget siswa termasuk kategori sedang masing-masing sebesar 84,38 persen dan 81,25 persen. Tingkat kecenderungan variabel hasil praktek pembuatan nugget siswa termasuk kategori tinggi sebesar 100 persen. Hasil analisis uji normalitas pada ketiga variabel adalah berdistribusi normal, untuk minat belajar (Xhitung=5,24<  Xtabel= 11,07), Pengetahuan Pengolahan Nugget (Xhitung9,97<Xtabel= 11,07), Hasil Praktek Pembuatan Nugget (Xhitung9,97< Xtabel= 11,07). Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil praktek pembuatan nugget dengan nilai (ry.1.2 = 0,971>  rt = 0,349) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara pengetahuan pengolahan nugget dengan hasil praktek pembuatan nugget dengan nilai (ry.1.2=0,983> rt = 0,349) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis uji korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan pengetahuan pengolahan nugget dengan hasil praktek pembuatan nugget dengan nilai koefisien Ryx1x2 = 0,972 dan nilai korelasi Fhitung> Ftabel (249,14> 3,33) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya semakin tinggi minat belajar siswa dan pengetahuan pengolahan nugget maka semakin tinggi pula hasil praktek pembuatan nugget siswa.

Kata Kunci : Minat Belajar, Pengetahuan Pengolahan Nugget, Praktek Pembuatan Nugget

 

 ABSTRACT

 This study aims to determine (1) student interest in learning, (2) knowledge of student nugget processing, (3) the results of student nugget making practice, (4) the relationship between student interest in learning and the results of the practice of making student chicken nuggets, (5) the relationship of knowledge on nugget processing. with the results of the practice of making student chicken nuggets, (6) the relationship between interest in learning and knowledge of nugget processing with the results of the practice of making student chicken nuggets. The research location in SMA Negeri 1Air Batu Asahan, the population of this study were all science students of class XI with a total of 32 people using total sampling technique so that the total sample was 32 students. This research design is descriptive correlational. Data collection techniques, namely, student learning interest questionnaire, knowledge test of nugget material processing and observation of the results of the practice of making nuggets. Data analysis techniques used data descriptions, trend levels and analysis requirements, namely: normality test and linearity test. Hypothesis testing with product moment correlation test, partial test and multiple correlation test. The results showed that the level of the tendency of the student learning interest variable and the student nugget processing knowledge variable was in the medium category of 84.38 percent and 81.25 percent, respectively. The tendency level of the variable resulting from the practice of making student nuggets is in the high category of 100 percent. The results of the analysis of the normality test on the three variables are normally distributed, for interest in learning (Xcount = 5.24 <Xtable = 11.07), Nugget Processing Knowledge (Xcount 9.97 <Xtable = 11.07), Nugget Making Practice Results (Xhitung9 , 97 <Xtabel = 11.07). The results of the partial correlation analysis show that there is a positive and significant relationship between interest in learning and the results of the practice of making nuggets with a value (ry.1.2 = 0.971> rt = 0.349) at a significant level of 5 percent. The results of the partial correlation analysis showed that there was a positive and significant relationship between knowledge of nugget processing and the results of the practice of making nuggets with a value (ry.1.2 = 0.983> rt = 0.349) at a significant level of 5 percent. The results of the multiple correlation test analysis showed a positive and significant relationship between interest in learning and knowledge of nugget processing with the results of the practice of making nuggets with a coefficient of Ryx1x2 = 0.972 and the correlation value Fcount> Ftable (249.14> 3.33) at a significant level of 5 percent. This means that the higher the student's interest in learning and the knowledge of nugget processing, the higher the results of the student's nugget-making practice.

 Keywords: Learning Interest, Nugget Processing Knowledge, Nugget Making Practice


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Rhineka Cipta.Jakarta.

Das, Widya Angraini. Analisis Tingkat Kesukaan Nugget Sayuran Siswa Kelas III SD Negeri 116254 Ranto Jior Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga : Tata Boga. Universitas Negeri Medan. Medan.

Muktiadi. 2012. Minat Belajar Siswa. Balai Pustaka. Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Rineka Cipta. Jakarta.

Siahaan, Relnold. 2015. Hubungan Manajemen Diri Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Prakarya Di SMP Negeri 17 Medan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga : Tata Boga. Universitas Negeri Medan. Medan.

Siregar, Efrida Elisa. 2016. Hubungan Pengetahuan Bahan Makanan Dan Kelengkapan Fasilitas Praktek Dengan Hasil Belajar Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental Di SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga : Tata Boga. Universitas Negeri Medan. Medan.

Tanoto, E. 1994. Pembuatan Fish Nugget dari Ikan Tenggiri. Skripsi. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Tati, S. 2014. Rahasia Mengolah Daging Ayam. Buletin Perbaikan Menu Makanan Rakyat. 18 (78): 27 – 33.

Utami, Nurul Ridhi. 2017. Hubungan Pengetahuan Pengolahan Makanan Dengan Keterampilan Mengolah Makanan Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Universitas Sarjanawiyata Taman siswa. Yogyakarta.

Walgito B. 2010.Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta.

Wasti, Sriana. 2013. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi-BKK Administrasi Perkantoran. FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Widyaningtyas, Anisa, dkk. 2013. Peran Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati.Jurnal Pendidikan Fisika Vol.1 No.1 Tahun 2013 halaman 136. ISSN : 2338 – 0691, diakses (19 Februari 2014).




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i2.26338

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot