Hubungan Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Dengan Hasil Belajar SMK Swasta Panca Budi 2 Medan

Sari Dewi Lelly Fridiarty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa pada mata pelajaran muatan local, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran muatan local, untuk menganalisis persepsi siswa pada mata pelajaran muatan lokal dengan Hasil Belajarnya. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Swasta Panca Budi 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penelitian korelasional merupakan penelitian yang menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas X dengan jumlah 120 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Random sampling dilakukan secara acak terhadap populasi untuk mengambil sampelnya yakni  sampel yang diambil adalah sebanyak 60% dari jumlah populasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket persepsi siswa pada muatan lokal dan tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal. Angket penelitian akan di uji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis secara deskriptif melalui beberapa persyaratan pengujian yaitu dengan uji normalitas dan uji linearitas. Kemudian untuk melihat hubungan antarvariabel dilakukan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh tingkat kecendrungan persepsi siswa pada mata pelajaran muatan lokal sebanyak 58,33 pesen dalam kategori cukup. Tingkat kecendrungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal sebanyak 56,25 persen siswa dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis korelasi produk moment diperoleh nilai rhitung> rtabel (0,301>0,291) dan pada taraf yang signifikan 5 persen, sehingga terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa pada mata pelajaran muatan lokal dengan hasil belajarnya, artinya semakin tinggi  persepsi siswa pada mata pelajaran muatan lokal, maka akan semakin baik hasil belajarnya.

 Kata Kunci: Persepsi, Muatan Lokal, SMK

Abstract

This study aims to determine student perceptions of local content subjects, to determine student learning outcomes in local content subjects, to analyze student perceptions of local content subjects with their learning outcomes. This research was conducted at the Panca Budi 2 Private Vocational School in Medan. This study uses the correlational method. Correlational research is research that analyzes the relationship between one variable and another. The population in the study was all class X with a total of 120 people. Sampling used in this study is a random sampling technique. Random sampling is done randomly on the population to take the sample, namely the sample taken is as much as 60% of the total population. The number of samples used in this study were 48 students. The instruments used to collect data were questionnaires on student perceptions of local content and tests of student learning outcomes on local content subjects. The research questionnaire will be tested for validity and reliability. Then the data were analyzed descriptively through several test requirements, namely the normality test and linearity test. Then to see the relationship between variables, a hypothesis test was carried out with the product moment correlation. Based on the results of this study, it was found that the level of students' perception of local content subjects was 58.33 percent in the sufficient category. The level of tendency of student learning outcomes in local content subjects is 56.25 percent of students in the sufficient category. Based on the results of the product moment correlation analysis, the value of rcount> rtable (0.301> 0.291) and at a significant level of 5 percent, so there is a positive and significant relationship between students' perceptions of local content subjects and their learning outcomes, meaning that the higher students' perceptions of the subject matter. local content, the better the learning outcomes.

 Keywords: Perception, Local Content, SMK


Full Text:

PDF

References


Al Rasyid, Harun Kismantoroadji. (2004). Statistika Sosial.Bandung: Program Pasca Sarjana UNPAD

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anang Santoso, dkk. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, (Banten : Universitas Terbuka)

Ani Suryani, Encep Hidayat, Dida Sadyaningsih, Erliza Hambali. (2011). Bisnis Kue Kering : Pilihan Usaha yang Menawarkan Laba Melimpah (Niaga). penerbit PT. Penebar Swadaya

Bimo Walgito. (2004 Pengantar Psikologi Umum, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Dedy Sugono, dkk, 2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta, Pusat Bahasa, Depdiknas

Dimyati, Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Erry Utomo, dkk. (1997). Pokok-Pokok Pengertian dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Irwanto, (1989). Psikologi Umum. Gramedia, Jakarta.

Jalaludin Rakhmat (2007). Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Muhaimin, dkk, 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta: PT RajaGrafin.

Miftah Thoha. 2003, Perilaku Organisasi, Edisi Pertama, Cetakan Keempat belas, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algosindo.

Syaiful Sagala. (2008). Konsep dan Makna Pembelajran. Bandung: Alfabeta

Sunaryo, 2004. Psikologi Keperawatan. Jakarta: EGC

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta. Direktorat Tenaga Kependidikan, Dikdasmen, Depdiknas

Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sembiring, J., (1996), Persepsi Mahasiswa di Luar FIP Tentang Pengajaran Biologi di IKIP Medan Tahun 1994/1995, Jurnal Pendidikan 1: 7-13.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Tarigan, B., (2009), Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Biologi dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2008/2009, Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Wahyuningsih, Fitri., (2011), Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Biologi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2011/2012, Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Yasa Boga, 1997, Terampil Membuat Kue Kering, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i2.26342

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.