Perbedaan Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Makanan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Model Pembelajaran Konvensional SMK Negeri 8 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran Konvensional pada materi pengetahuan bahan makanan nabati siswa kelas X tata boga SMK Negeri 8 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sample dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas X boga 6 sebagai kelas eksperimen dan X boga 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test pilihan berganda sebanyak 38 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data diambil dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 87,86 dan kelas kontrol sebesar 76,52. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan dk 70 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabel (6,63 >1,67) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model Konvensional pada pelajaran pengetahuan bahan makanan siswa kelas X tata boga SMK Negeri 8 Medan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, SMK
ABSTRACT
This study aims to determine the difference in learning outcomes between learning using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model and the Conventional learning model on the material knowledge of plant-based foodstuffs for class X culinary arts students at SMK Negeri 8 Medan. This type of research is experimental research. The population in this study were all students of class X which consisted of 6 classes in the first semester of the 2015/2016 Academic Year. Sampling was done by random sampling by taking 2 classes from 6 class X catering 6 as the experimental class and X catering 3 as the control class. The instrument used to determine student learning outcomes is a multiple choice test with 38 questions that have been tested and analyzed first. Data is taken from the learning outcomes achieved by students and then analyzed to test hypotheses with statistical formulas. The results showed that student learning outcomes after being given experimental class learning treatment using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model the results were higher than the control class using the conventional learning model. It is shown by the average posttest score of the experimental class 87.86 and the control class 76.52. From the results of the analysis of hypothesis testing with a level of = 0.05 and dk 70, the posttest value comparison data from the two classes was found that the price of tcount > ttable (6.63 > 1.67) then Ha was accepted, thus it was obtained that there was a difference in learning outcomes between learning using Contextual Teaching and Learning (CTL) models and conventional models in food knowledge lessons for class X culinary students at SMK Negeri 8 Medan.
Keywords: Learning Outcomes, Learning Model, SMK
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharmisi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharmisi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyanti, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Fatmawati, Harnani. 2013. Pengetahuan Bahan Makanan. Direktorat Pembinaan SMK
Hudjono. 2012. . Pengaruh Penggunaan Metode Kontekstual http: //ilmiah pendidikan. Blogspot. Com / 2009/ 11 / pengaruh penggunaan metode kontekstual. Html. Diakses tanggal 20 Februari.
Johnson, Elaine, 2008. Contextual Teaching and Learning. Bandung : MLC
Kumandar, 2007. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raya Frafindo Persada
Kusmiati dkk, 2000. Pengetahuan Bahan Makanan. Bandung : Angkasa
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Bandung : Kencana
Sanjaya, wina. 2010. Perencanaan Dan Sistem Pembelajaran. Medan: Media Persada
Sudjana. 2012. Metoda Statistika, bandung : Tarsito
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Sumber : https://www.googleimage co.id/search. Diakses tanggal 15 mei 2015 pukul 16.00
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i2.26343
Article Metrics
Abstract view : 89 timesPDF - 77 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.