Hubungan Intensitas Menonton Iklan Makanan Di Televisi Dengan Perilaku Konsumsi Makanan Cepat Saji Siswa SMK Panca Budi 2 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana intensitas menonton iklan makanan di televisi, (2) mengetahui bagaimana perilaku konsumsi makanan cepat saja siswa SMK Panca Budi 2 Medan, (3) mengetahui bagaimana hubungan menonton iklan makanan di televisi dengan perilaku konsumsi makanan cepat saji siswa SMK Panca Budi 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi (AK) dan Administrasi Perkantoran (AP) SMK Panca Budi 2 Medan tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 82 siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan ketentuan mengikuti program mata pelajaran muatan lokal tata boga sebanyak 43 siswa. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: intensitas menonton iklan makanan cepat saji siswa SMK Panca Budi 2 Medan cenderung cukup yaitu 51,16%, perilaku konsumsi makanan cepat saji siswa SMK Panca Budi 2 Medan cenderung kurang yaitu 65,12%. Bentuk persamaan regresi Ŷ = 51,8 + 0,54x merupakan regresi linier, dimana Fhitung < Ftabel (-0,45 < 2,39) dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari perhitungan koefisien korelasi didapat rxy = 0,66 dan indeks determinasi I = 43,5% yang artinya intensitas menonton iklan makanan di televisi memberikan pengaruh sebesar 43,5% terhadap peningkatan perilaku konsumsi makanan cepat saji.
Kata kunci: intensitas menonton iklan makanan, perilaku konsumsi makanan cepat saji
ABSTRACT
This study aims to: (1) find out how the intensity of watching food advertisements on television, (2) find out how fast food consumption behavior is only for students of SMK Panca Budi 2 Medan, (3) find out how the relationship between watching food advertisements on television and fast food consumption behavior serving students of SMK Panca Budi 2 Medan. This type of research is descriptive with a questionnaire (questionnaire) as a means of collecting research data. The population in this study were all students of class XII Accounting (AK) and Office Administration (AP) at SMK Panca Budi 2 Medan in the 2015/2016 academic year as many as 82 students. The sample in this study was conducted using a purposive sampling technique with the provision that 43 students participated in the local content culinary program. Based on data analysis, it is known that: the intensity of watching fast food advertisements for students of SMK Panca Budi 2 Medan tends to be sufficient, namely 51.16%, fast food consumption behavior of students of SMK Panca Budi 2 Medan tends to be less, namely 65.12%. The form of the regression equation = 51.8 + 0.54x is a linear regression, where Fcount < Ftable (-0.45 < 2.39) with a confidence level of = 0.05. From the calculation of the correlation coefficient obtained rxy = 0.66 and the index of determination I = 43.5%, which means that the intensity of watching food advertisements on television has an effect of 43.5% on increasing fast food consumption behavior.
Keywords: watching intensity, food advertisement, fast food
Full Text:
PDFReferences
Adriani, Meryana dan Wirjatmada, Bambang. 2014. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana.
Amelia, E. Wulandari, dkk. 2013. Preparasi Penentuan Kadar Logam Dalam Nugget Ayam. Jurnal Sains dan Semi Pomits Vol.2, No.2.
Anonim. 2009. Pengaruh Televisi. Diakses 18 Juni 2015 dari http://duniacfa.wordpress.com/2009/05/26/pengaruhtelevisi-terhadap-budaya-masyarakat/).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (Rev.ed). Jakarta : Rineka Cipta.
Astria, D.Nina. 2010. Intensitas Menonton Iklan Televisi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Siswa SMA Al-Kamal Jakarta Barat. Hasi Penelitian Universitas Esa Unggul, Jakarta.
Bestari, K. Dinda. (2014). Hubungan Terpaan Iklan Televisi Pizza Hut Dengan Motivasi Konsumen Surabaya Membeli Produk Pizza Hut. Vol.3, No.2.
Daud, Abu. 2010. Intensitas Menonton Televisi. Diakses 14 Mei 2015 dari https://intensitas.Yon.com/2010/07/29/Intensitas-Menonton-Televisi.htm
Dieny, F. Fithra. 2014. Permasalahan Gizi Pada Remaja Putri. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Eka, Indra. 2011. Hubungan Terpaan Tayangan Sepak Bola Dengan Perubahan Perilaku Mahasiswa Surabaya Pada Sepak Bola. Diakses pada 7 September 2015 dari http://archive-for-the-TulisanKu-Category
Emilia, dkk. 2009. Hubungan Iklan Makanan dan Minuman Di Media Massa Dengan Frekuensi Konsumsi Junk Food pada Remaja Di SMA Negeri 13 Palembang Tahun 2009. Hasil Penelitian.
Fitra, Safrezi. 2014. Penjualan Mie Instan Melambat. Diakses pada 7 September 2015 dari http://katadata.co.id/berita/2014/05/26/penjualan-mie-instan-melambat
Furqon, Nur A.A. 2009. Motivasi menonton televisi. Diakses 18 Mei 2015 dari https://kolokiumkpmipb.wordpress.com/2009/05/01/motivasi-pola-dan-kepuasan-dalam-menonton-televisi-lokal-serta-faktor-faktor-yang-mempengaruhinya
Khomsan, Ali. 2003. Pangan Dan Gizi Untuk kesehatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Kompas. 2005. Iklan Televisi Harus Jujur dan Disensor. Diakses pada 20 September 2015 dari http://apakabar@clark.net
Kuroifah, Mita. 2014. Pengaruh Daya Tarik Iklan Makanan Instan Di Televisi Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Pada Mahasiswa Kos Program Studi Pendidikan Teknik Boga FT UNY. Hasil Penelitian UNY, Yogyakarta.
Manurung, N. Katharina. 2008. Pengaruh karakteristik remaja, genetik, pendapatan keluarga, pendidikan ibu, pola makan dan aktivitas fisik terhadap kejadian obesitas di SMU RK Tri Sakti Medan. Hasil Penelitian USU, Medan.
Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Rahmadayanti. 2013. Hubungan Antara Menonton Iklan Mie Instan Di Televisi Dan Perilaku Konsumsi Mahasiswa Makassar. Hasil penelitian Universitas Hasannuddin, Makassar.
Renaldi, Wildan. 2012. Sejarah KFC (Kentucky Fried Chicken). Diakses pada 21 Agustus 2015 dari Sejarah-KFC -WordPress.com.
Sihaloho, M. Neni. 2012. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pola Pemilihan Makanan Siap Saji Modern (Fast Food) Pada Pelajar Di SMA Swasta Cahaya Medan. Hasil Penelitian USU, Medan.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika (Rev.ed). Bandung: Tasito.
Sundah, Aloysius.R. 2011. Studi Observasi Konten Iklan Berdasarkan Durasi dan Jam Tayang Prime Time (Kasus Pada Iklan Televisi di Trans7). Hasil Penelitian Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.
Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Widoyoko, E.Putra. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i2.26346
Article Metrics
Abstract view : 523 timesPDF - 384 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.