Perbedaan Penggunaan Media Video Dan Media Gambar Dalam Pembelajaran Table Set Up Terhadap Hasil Belajar Table Set Up SMK Negeri 3 Tebing Tinggi

Hilal Nurhabibah Mastarina Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui hasil belajar table set up siswa dengan menggunakan media video pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. (2) Untuk mengetahui hasil belajar table set up siswa dengan menggunakan media gambar  pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. (3) Untuk mengetahui perbedaan penggunaan media video dan media gambar table set up pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yaitu merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yag dikenakan pada sampel yaitu siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi dengan jumlah siswa seluruhnya adalah  42 siswa, yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas XI-3 sebanyak 20 siswa dengan menggunakan media video. Kelas XI-2sebanyak 22 siswa dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes pengamatan sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian, pengumpulan data dilakukan dengan tes pengamatan  yang dilakukan oleh satu orang guru bidang studi dan satu orang dosen pengamat. Dengan demikian akan terlihat bagaimana perbedaan hasil belajar siswa SMK dengan menggunakan dua media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas XI-3maupun kelas XI-2 dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas IX-3dengan kelas XI-2, dimana skor rata-rata pada XI-3sebesar 92,125 sedangkan skor rata-rata kelas XI-3 adalah sebesar 93,97. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayan α =0,05, dimana thitung > ttabel yaitu (-1,62 >1,684), yang berarti dalam penelitian hipotesis ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar  lebih baik daripada media video terhadap hasil belajar siswa  kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.

 Kata Kunci: Media, Video, Gambar, Hasil Belajar, Table Set Up

ABSTRACT

This study aims to: (1) To determine the learning outcomes of students' table set up using video media in class XI students of SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. (2) To find out the learning outcomes of students' table set up by using picture media in class XI students of SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. (3) To find out the difference in the use of video media and table set up image media in class XI students of SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. The research used is a quasi-experimental research that is intended to determine whether there is a consequence of something that is imposed on the sample, namely students. The population in this study were all students of class XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi with a total of 42 students, consisting of 2 classes namely class XI-3 as many as 20 students using video media. Class XI-2 as many as 22 students using picture media. The research method used is experimental research using observational tests as a tool to obtain research data, data collection is carried out by observation tests conducted by one study teacher and one observer lecturer. Thus it will be seen how the differences in the learning outcomes of SMK students using two learning media. Based on the results of the analysis of the data requirements test, both student learning outcomes in class XI-3 and class XI-2 are declared to be normally distributed and have a uniform variance (homogeneous). Meanwhile, based on the results of research data analysis, it can be seen that there is a significant difference in learning outcomes between class IX-3 and class XI-2, where the average score in XI-3 is 92.125 while the average score for class XI-3 is 93.97. . The existence of differences in learning outcomes, is also proven through hypothesis testing using t-test and confidence level = 0.05, where tcount > ttable (-1.62 > 1.684), which means that in research the hypothesis is rejected, it can be concluded that the media picture is better than video media on student learning outcomes of class XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.

Keywords: Media, Video, Pictures, Learning Outcomes, Table Set Up


Full Text:

PDF

References


A.M Sadirman 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rajawali.

Anderson Ronald. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Andi Prastowo.2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:

Arikunto, S. 2011. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arsyad A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers

Bahri,S, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Budiningsih Annayanti, 2008. Food and Beverage Service. Ghalia Indonesia

Printing

Cynthia Sparks. 2000. Effective Use Of Video Clips Usi. Diakses dari http://cynthiasparks.tripod.com/effective use of video clips usi. httm pada tanggal 26 April 2015 pukul 21.00

Dian Mariya Ulfah. Pengaruh Penggunaan Media Video dan Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Se-Gugus V Kecamatan Kasihan-Bantul. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Revisi, Cet. 3, Semarang: Difa Publishers, 2008,

Estelita, Dwi Diar dan Nikmat Akmal. (2013). Penataan dan Penyajian Hidangan. Modul Pembelajaran:Unimed

Helmi Hasan, dkk. 2003. Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Padang: UNP

Lubis, A.R, dan Manurung B, (2010), Pengaruh Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa pada Pelajaran Boiologi di SMP Swasta Muhammadiyah Serbelawan, Vol 1 Nomor 3 : 146-245

Nurhasanah dan Didik Tuminto. 2007. Kamus Besar Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD dan SMP. Jakarta PT. Bina Sarana Pustaka.

Oemar Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Putri Kinasih Arius Sandra. (2012).Perbandingan Antara Penggunaan Media Gambar Dengan Media Vidio Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas Iv Sdn Katelan 4 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Rahmi Sha Fitri, Wince Hendri, dan Azrita, Mahasiswa Program Studi Pendidikan

Biologi Fkip Universitas Bung Hatta Dan Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Bung Hatta (2013). “Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Antara Penggunaan Media Gambar Dengan Media Video Di Kelas VII SMPN 26 Padang”

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Ulfah, dian mariya (2015) “Melakukan Penelitian Dengan Judul “Pengaruh Penggunaan Media Video Dan Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sdn Se-Gugus V Kecamatan Kasihan-Bantul.

Yudhi, Munadi 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : ReferensiAnderson L. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta :PAU – UT

WA Marsum, 2005. Banquet Table Manners & Napkin Folding. Jl. Beo 38 – 49 Yogyakarta : Andi Offset

htto://rohman-makalah.blogspot.com/2008/07/teknik-belajar-akhmad-sudrajat-m.html

http:.//eprints.uny.ac.id/9809/3/BAB%202%20-08108244022.pdf oleh U Siwi 2012

http://lib.unnes.ac.id/19929/1/3201407026.pdf oleh D Purnamasari - ‎2013

http://eprints.ung.ac.id/.../2013-2-86206-151409491-bab 211012014045146

ABD BASO - ‎2014




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i2.26347

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.