Pengembangan Media Pembelajaran Makanan Indonesia Berbasis Website Sebagai Media Belajar Mandiri

Budi Setiawan Erli Mutiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan : Untuk mengembangkan media pembelajaran Makanan Indonesia berbasis Website sebagai media belajar mandiri Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Boga Unimed. Lokasi penelitian di laboratorium Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Medan. Subjek penelitian ini berjumlah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 22 orang mahasiswa. Waktu penelitian pada bulan April – Juni 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data angket yang terkumpul dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini menurut  pendapat ahli  materi pada aspek kelayakan isi diperoleh nilai 83.33 persen termasuk kriteria baik, pada aspek penyajian diperoleh nilai 78 persen termasuk kriteria baik dan pada aspek kebahasaan diperoleh nilai 90 persen termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan pendapat ahli media pada aspek  penyajian diperoleh nilai 94.44 persen termasuk kriteria sangat baik, pada aspek kegerafikan diperoleh nilai 90 persen termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan pendapat pengguna/mahasiswa pada aspek materi diperoleh nilai 89.87 persen termasuk kriteria baik dan pada aspek tampilan diperoleh nilai 84.03 persen termasuk kriteria sangat baik . Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran berbasis website termasuk kriteria baik sebagai media pembelajaran mandiri Mahasiswa Unimed.

Kata Kunci: Media, Website, Makanan Indonesia

ABSTRACT

This study aims: To develop a website-based Indonesian Food learning media as an independent learning medium for Unimed's Catering Education Study Program students. The research location is in the Laboratory of Catering Education, State University of Medan. The subjects of this study amounted to 2 media experts, 2 material experts and 22 students. The time of the study was April – June 2019. The method used in this study was Research and Development. The data collection technique in this study used a questionnaire. Questionnaire data collected from material experts, media experts, and students were analyzed using descriptive statistics. Based on the results of this study, according to the opinion of material experts on the aspect of content feasibility, a score of 83.33 percent was obtained including good criteria, in the presentation aspect a score of 78 percent was obtained including good criteria and in the linguistic aspect a score of 90 percent was obtained including very good criteria. Based on the opinion of media experts on the presentation aspect, a score of 94.44 percent was obtained including very good criteria, in the aspect of personality, 90 percent was obtained including very good criteria. Based on the opinions of users/students on the material aspect, the score was 89.87 percent including good criteria and in the display aspect, the score was 84.03 percent including very good criteria. Based on these results, the website-based learning media includes good criteria as an independent learning medium for Unimed Students.

Keywords: Media,  Website, Indonesian Food

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman dkk. (1984). Media pendidikan. Jakarta: Rustekom Dikbud.

Arsyad A. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2015. Media pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Dapur Demedia 2016. Kitab masakan kumpulan resep sepanjang

masa. Jakarta ; Tim Dapur Demedia.

Dapur Indonesia. 2016. 300 resep masakan popular nusantara. Jakarta Gramedia Pustaka

H. Hamzah. 2013. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Made W. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Mudjiman H. 2007. Belajar Mandiri (Self- Motivated Learning).

Surakarta :UNS Press.

Munir, 2013. Kurikulum berbasis tekhnologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Titin H. (2011). Modul pengolahan makanan indonesia. Yogyakarta.

Sriadhi. (2012). Instrumen Ukur Kelayakan Coursewarse

Multimedia Learning Centre For Instructional Technology and

Multimedia, USM.

Sudjana, (2009). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Susilana R. (2017). Media Pembelajaran.Bandung;Wacana

Prima

Rusman, (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesinalosme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung

Zainal Aqib. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i1.26351

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 848 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.