Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Patiseri Di SMK Imelda Medan

Maytia Albina Siti Sutanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Patiseri, 2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Patiseri, 3) Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar patiseri. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Imelda Medan.Waktu penelitian Februari - April 2019. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamat hasil praktik membuat mawar dari butter cream. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan chi- kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji- t. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada mata pelajaran patiseri termasuk kategori cenderung cukup sebesar 70,00 persen dan tingkat kecenderungan siswa yang menggunakan Model Konvensional pada mata pelajaran patiseri termasuk kategori cenderung kurang sebesar 46,67 persen. Hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar patiseri yang menggunakan Model Tutor Sebaya dengan nilai X2hitung<X2tabel (3,05<11,07) dan hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar patiseri yang menggunakan Model Konvensional dengan nilai X2hitung< X2tabel (9,47< 11,07) pada taraf signifikan 5 persen adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Model Tutor Sebaya terhadap hasil belajar patiseri dengan nilai thitun g>ttabel (10,76>1,670) dengan taraf signifikan 5 persen. Artinya, Model Tutor Sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran patiseri.

Kata Kunci: Model Tutor Sebaya; Hasil Belajar; Patiseri

ABSTRACT

 This study aims to determine: 1) The learning outcomes of students who use the peer tutor learning model in the Pastry subject, 2) The learning outcomes of students who use the conventional learning model in the Patiseries subject, 3) The effect of the peer tutor learning model on the learning outcomes of the Patiseries. This research design is a quasi experiment. The research location was at SMK Imelda Medan. Research time was February - April 2019. Sampling was carried out by total sampling consisting of 2 classes totaling 60 students. The data collection technique used observers from the practice of making roses from butter cream. The data analysis technique used data descriptions, trend test, normality test using chi-square, homogeneity test, and hypothesis testing using the t-test. Based on the results of the study showed that the level of tendency of student learning outcomes using the Peer Tutor Learning Model in the patiseries subject was classified as quite 70.00 percent and the tendency level of students who used the Conventional Model in the patisery subject was included in the category of tending to be less by 46.67 percent. . The results of the analysis of the normality test for the learning outcomes of the study using the Peer Tutor Model with a value of X2count <X2table (3.05 <11.07) and the results of the analysis of the normality test for learning outcomes using the Conventional Model with a value of X2count <X2table (9.47 < 11.07) at a significant level of 5 percent is normally distributed. The results of the t test analysis showed that there was a significant effect on the use of the Peer Tutor Model on the learning outcomes of the pathway with t count> t table (10.76> 1.670) with a significant level of 5 percent. This means that the Peer Tutor Model can affect student learning outcomes in the patiserious subject.

Keywords: Peer Tutor Model; Learning outcomes; Pastry.


Full Text:

PDF

References


Adji, (2013). Hasil Belajar. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian (Edisi Revisian). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anas Sudjono. (2009). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: RHineka Cipta.

Aulia. (2013). Pengaruh Model Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Gerak Lurus Berubah Beraturan. Medan: UNIMED.

Alex Yulianto. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi kelas X di SMAN Plus Sukowono Jember. Diakses Pada 6 April 2015 dari http://repository.unej.ac.id/

Cece Wijaya, Dkk. (2014). Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Elsam. (2016). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses Pada 29 Februari 2016 dari referensi Elsam rr.id

Eri Yanti. (2012). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Painan. Padang : Universitas Negeri Padang.

Evi. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Medan: UNIMED.

Eka. (2013). Pengaruh Model Konvensional Terhadap Hasil Belajar Garnish di SMK Negeri 3 Tebing” hasil penelitian menunjukan hasil belajar garnish di SMK Negeri 3 Tebing. Skripsi. UNIMED.

Faridah, Anni dkk. (2015). Patiseri Jilid 2 Untuk SMK. Jakarta: PT Gramedia Utama.

Gagne, (2013). Cordition Of Learning. USA: Holt, Rinerhatr and Wiston.

Khoerul, Eko., (2012). Teori- teori Motivasi Belajar. http://ekokhoerul.Wordpress. Com/ diakses 3 Maret 2015

Istarani. (2015), Kumpulan 40 Metode Pembelajaran, Medan: Universitas Negeri Medan.

Nuritaputantri. (2014). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Natalia, Etha. (2015). Cake Decorating Untuk Pemula. Jakarta: PT. Gramedia.

Putri. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemampuan Pada Materi Kerajinan Fungsi Hias Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Stabat. Skripsi. UNIMED.

Rostiyah NK. (2016). Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Resti. (2017). Pengaruh Model Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Dekorasi Kue Siswa Kelas X SMK Shandy Putra 2 Medan. Skripsi. UNIMED.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sudjana, N. (2009). Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sudjana. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung : Sinar Baru.

Sudjana, N. (2010). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, (2015). Model Pembelajaran Kooperatif. Riset dan Praktik Terjemahan Narulita Yusron. Bandung : Nusa Media.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, D. (2005). Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Seomantri. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Slavin. (2015). Metode dan Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Malang: Bumi Aksara.

Tuhusetya. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Widiantari Rahma, (2012). Efektifitas Metode Pemberian Tugas (resitasi) Berbantuan Model pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompotensi Dasar Uang dan Perbankan SMA N 1. Magelang: Economi Education Analysis Journal.

Yulianto, (2011). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i1.26355

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot