Hubungan Pengetahuan Tata Hidang Dengan Sikap Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Negeri 10 Medan

Hafny Zahara Lelly Fridiarty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengetahuan siswa tentang Tata Hidang; (2) Sikap siswa dalam melaksanakan Praktik Kerja Lapangan; (3)Hubungan pengetahuan siswa tentang Tata Hidang dengan sikap melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. Desain penelitianadalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 10 Medan. Waktu penelitian bulan Juli-Agustus 2019. Populasi penelitian siswa kelas XII Jasa Boga dengan jumlah 65 orang (total sampling). Data penelitiandijaring menggunakan tes untuk pengetahuan Tata Hidang, dan sikap melaksanakan praktek kerja lapangan dijaring menggunakan angket. Teknik analisis datasecara deskriptif koresional, uji kecenderungan, Uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment.   Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kecenderungan variabel pengetahuan Tata Hidang termasuk cenderung cukup (50,77%). Tingkat kecenderungan sikap melaksanakan praktek kerja lapangan termasuk kategori cenderung cukup (52,3%). Hasil uji normalitas data dengan dk = 5 pada kedua variabel berdistribusi normal dengan nilai pengetahuan Tata Hidang  Xhitung< Xtabel (9,21<11,07). Sikap melaksanakan Praktek Kerja Lapangan Xhitung< Xtabel (7,77<11,07).Hasil analisis uji linieritas Pengetahuan Tata Hidang dengan Sikap Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan Fhitung < Ftabel (0,73< 1,92) yang artinya linier. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan Tata Hidang dengan Sikap Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan siswa SMK Negeri 10 Medan. Dengan nilai rhitung = 0,7873. Dengan demikian harga rhitung > rtabel (0,7553> 0, 2441) artinya semakin tinggi pengetahuan Tata Hidang maka semakin baik Sikap Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.

Kata Kunci : Tata Hidang; Sikap Melaksanakan; Praktek Kerja Lapangan.

ABSTRACT

This study aims to analyze: (1) the students' knowledge of the field administration; (2) Attitudes of students in carrying out Field Work Practices; (3) The relationship of students' knowledge of the Field Administration with the attitude of carrying out Fieldwork Practices. The research design is descriptive correlational. Research location at SMK Negeri 10 Medan. Research time was July-August 2019. The research population was 65 students of class XII Catering Services (total sampling). The research data were screened using tests for knowledge of field management, and the attitude of carrying out fieldwork practices was netted using a questionnaire. The data analysis technique is descriptive correlation, trend test, data analysis requirements test with normality test, linearity test and hypothesis test using the product moment correlation test. Based on the results of the study, it shows that the level of tendency for the variable of knowledge on field management is sufficient (50.77%). The level of tendency of attitudes to carry out field work practices is in the category of moderate (52.3%). The results of the data normality test with dk = 5 on both variables are normally distributed with the Xcount <X table (9.21 <11.07) knowledge value. The attitude of carrying out the Job Training Xcount <Xtable (7.77 <11.07). The results of the linearity test analysis of Field Administration Knowledge with the Attitude of Implementing Job Training Fcount <Ftable (0.73 <1.92) which means linear. The results of the product moment correlation analysis, there is a significant relationship between the knowledge of field management and the attitude of carrying out the field work practice of students of SMK Negeri 10 Medan. With a value of rhitung = 0.7873. Thus the price of rcount> rtable (0.7553> 0, 2441) means that the higher the knowledge of field management, the better the attitude to carry out field work practices.

Keywords: Court Administration; Attitude to Implement; Field practice.


Full Text:

PDF

References


Bukit. M. (2017). Starategi dan Inovasi

Pendidikan Kejuruan dari

kopetensi ke Kopetensi.

Bandung: Alfa Beta Bandung.

Ekawatiningsih, dkk. (2008). Restoran

Jilid 3. Jakarta : Direktorat

Pembinaan Sekolah Menengah

Kejuruah.

Heathfield, Susan M. (2015). How on the Job Training Brings You Value. Diakses pada tanggal 12 April 2019, dari http://humanresources.about.com/od/educationgeneral/g/on-the-job-training.html

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar

Kurikulum 2013. Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jenderal Pendidikan

Dasar . Jakarta

Kurniawan. U. (2016). Pembangunan

Karakter Luhur Siswa Melalui

Model Diskusi Teman Sejawat

Di Smk Negeri 3 Yogyakarta.

Skripsi. Program Studi

Pendidikan Teknik Elektro.

Fakultas Teknik. Universitas

Negeri Yogyakarta

Khoerunnisa, dkk. (2017). Manfaat

“Program Praktek Kerja

Industri” Pada Kemampuan

Kompetensi Kerja Food and

Baverage Service Siswa Jasa

Boga SMK Negeri 3 Cimahi.

Media Pendidikan Gizi dan

Kuliner.Vol 6, No 2. Pendidikan

Tata Boga Departemen PKK

FPTK UPI

Marsum .W A. (2005). Restoran dan

Segala Permasalahannya.

Yogyakarta. Andi Offset.

Mutiara. E. (2017). Table Set Up. Diakses 28 Desember 2018 dari http://edukasitatahidang.blogspot.com/2016/08/table-set-up-table-setting.html

Notoatmodjo. S. (2012). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Pradini. A. (2017). Pengaruh Prekarin,

Informasi Dunia Kerja

Terhadap Kesiapan Kerja

dengan Motivasi Memasuki

Dunia Kerja sebagai Variabel

Mediasi. Economic Education

Analysis Journal, 3(1): Pp. 1-9.

Rahkmat. J. (2004). Metode Penelitian

Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Retnoningsih. D. (2011). Pelaksanaan Praktik Industri Sebagai Upaya Pe-ningkatan Kesiapan Kerja Pada Sis-wa Program Keahlian Tata Boga SMK N 1

Sewon. Skripsi Tidak Di-

terbitkan.Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga UNY.

Slameto, (2016). Belajar dan Faktor-

faktor yang Mempengaruhi

(rev.ed). Jakarta: Rineka

Cipta.

Yara. P. O. (2017). Students Attitude

towards Mathematics and

Academic Achievement in

Some Selected Secondary

Schools in Southwestern

Nigeria, European Journal of

Scientific Research / Vol. 36

No. 3, pp.336- 341.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i1.26357

Article Metrics

Abstract view : 335 times
PDF - 952 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.