Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Praktek Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar SMK Negeri 3 Pematangsiantar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil praktek yang diajar dengan menggunakan model konvensional, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil praktek boga dasar pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan 30 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik penilaian pengamatan dalam bentuk tabel pengamatan yang memiliki 9 aspek penilaian didalamnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecendrungan hasil praktek pada kelas ekperimen cenderung baik yaitu 80,00%. Dan tingkat kecendrungan pada kelas kontrol cenderung cukup yaitu 76,67%. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian yang diperoleh thitung > t tabel yaitu 8,95 > 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Make a Match; Model Konvensional; Hasil Praktek.
ABSTRACT
This study aims to determine the results of basic culinary practices taught by using the make a match cooperative learning model, the results of the practice taught using the conventional model, and the effect of the make a match cooperative learning model on the results of basic culinary practice in class X students at SMK Negeri 3 Pematangsiantar 2018/2019 Academic Year. The population in this study were all students of class X Catering Services at SMK Negeri 3 Pematangsiantar. The sample in this study was taken by random sampling consisting of 30 students in the experimental class using the make a match cooperative learning model and 30 students in the control class using the conventional model. The data collection instrument used was the observation assessment rubric in the form of an observation table which has 9 assessment aspects in it. The data analysis technique used is the normality test, homogeneity test and hypothesis testing which are used as a reference for making conclusions. The results of this study indicate that the level of tendency of the results of the practice in the experimental class tends to be good, namely 80.00%. And the level of tendency in the control class tends to be sufficient, namely 76.67%. Both data are normally distributed and homogeneous. The results of the research hypothesis testing obtained tcount> ttable, namely 8.95> 2.00, then Ha is accepted and Ho is rejected, it can be concluded that the results of basic cooking practices that are taught using the cooperative learning model make a match type are significantly higher than the results of cooking practice. the basis taught using conventional models to class X students at SMK Negeri 3 Pematangsiantar in the 2018/2019 Academic Year.
Keywords: Make a Match; Conventional Model; Practice Results.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, W.A., (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 3 Palar Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Afandi, dkk., (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press, Semarang
Anggi, Rizky. (2013). Profil Si Kemampuan Psikomotorik Siswa Sebagai Refleksi Dari Praktek Kerja Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Garut. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Arikunto, Suharsimi, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Re.ed). Rineka Cipta, Jakarta
Arikunto, Suharsimi, (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Re.ed). Rineka Cipta, Jakarta
Arikunto, S., (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta
Bartono, Rufino, (2010). Tata Boga Industri. Penerbit Andi, Yogyakarta
Cidartaty, (2013). Boga Dasar I. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direkorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depok
Depdiknas, (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dewi, Kartika. (2016). Minat Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Siswa SMK Negeri 4 Surakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. (1996). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta, Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Asdi Mahasatya, Jakarta
Doloksaribu, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Universitas Negeri Medan, Medan
Fadliana, H.N., Nurhayati, N.D., Redjeki, T. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Metode PBL (Problem Based Learning) Dilengkapi Dengan Macromedia Flash dan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Materi Asam, Basa Dan Garam Kelas VII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia 2(3): 158-165
Fitria. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Friska, Riana, dkk., (2012). Bahan Ajar Dasar Boga, UNIMED, Medan
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo, Yogyakarta
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran & Pembelajaran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Komaruddin. (2006). Ensiklopedia Manajemen. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Nafis, N.J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas III MI Senden Kampak Trenggalek. IAIN Tulungagung, Tulungagung.
Nasution, (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta
Ningrum, A.P., (2014). Penerapan Hasil Belajar “Membuat Potongan Sayuran” pada Praktik Pengolahan Makanan Kontinental Di SMKN 3 Cimahi. Cimahi
Nurdyansyah, Fahyuni, E.F., (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Centre, Sidoarjo
Pradiva, H.D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a MatchUntuk meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X IIS 2 SMK Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Sebelas Maret
Riyantika, V.D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X 3 SMA Pangudi Luhur. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, Bandung
Sari, Indah, (2015). Macam-Macam Jenis Potongan Buah/Cutting Vegetable and Fruit. Diakses pada 08 Agustus 2018 dari www.slideshare.net/indahpsari7731/macam-macam-jenis-potongan-buah
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i1.26358
Article Metrics
Abstract view : 149 timesPDF - 85 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.