Pengaruh Pembelajaran Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Makanan Kontinental SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Google Classroom pada pelajaran Makanan Kontinental (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran Google Classroom pada pelajaran Makanan Kontinental (3) Pengaruh pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Makanan Kontinental. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan dengan teknik total sampling yang berjumlah 64 siswa. Waktu penelitian pada bulan Juni-September 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji “t”.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar Makanan Kontinental yang menggunakan pembelajaran Google Classroom termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 60,00 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar Makanan Kontinental yang tidak menggunakan pembelajaran Google Classroom termasuk kategori cenderung cukup sebesar 62,50 persen. Hasil analisis uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Makanan Kontinental dengan nilai > (7,25 > 1,67) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya pembelajaran Google Classroom mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental.
Kata Kunci : Google Classroom, Makanan Kontinental
ABSTRACT
This study aims to analyze (1) the learning outcomes of students who use Google Classroom learning in Continental Food lessons (2) The learning outcomes of students who do not use Google Classroom learning in Continental Food lessons (3) The effect of Google Classroom learning on student learning outcomes in Food lessons Continental. The research design used is Quasi Experiment. The research location is at the Imelda Tourism Vocational School in Medan. The population in this study were all students of class XI Catering Services at SMK Wisata Imelda Medan with a total sampling technique of 64 students. The research time was in June-September 2019. The data analysis technique used was descriptive data, trend test, data analysis requirements test with normality and homogeneity tests, hypothesis testing with "t" test. those who use Google Classroom learning are categorized as high tend to be 60.00 percent. The level of tendency for Continental Food learning outcomes that do not use Google Classroom learning is included in the moderate category of 62.50 percent. The results of the t-test analysis have a significant effect on the use of Google Classroom learning on student learning outcomes in Continental Food lessons with a value of t_count > t〗_table (7.25 > 1.67) at a significant level of 5 percent. This means that Google Classroom learning affects student learning outcomes in Continental Food Processing lessons.
Keywords: Google Classroom, Continental Food
Full Text:
PDFReferences
Abimanyu, S. dkk. (2017). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Ditjen Dikti Depdiknas.
Agus Suprijono. 2017. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
A.H Sanaky, H. (2017). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.
A.M, Sardiman. 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi2. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dicky Pratama H.S. (2016). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom terhadap Efisiensi pada STMIK XYZ In Seminar Nasional Technologi 2016 (pp.48-52).
Dimyati, 2016. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Penerbit Gaya Media
Diemas. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Surabaya.
Erina Wulansari. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Memanfaatkan Google Classroom Pada Materi Vektor Dalam Ruang Dimensi Tiga Dikelas X MIA 4 SMA NEGERI 7 YOGJAKARTA.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i1.26368
Article Metrics
Abstract view : 104 timesPDF - 85 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.