Hubungan Kesiapan Mengolah Dengan Hasil Praktek Kue-Kue Indonesia Dari Umbi-Umbian SMK Pencawan Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Kesiapan Siswa Kelas XI SMK Pencawan Medan. (2) Hasil Praktek Siswa Kelas XI SMK Pencawan Medan Membuat Kue Mangkok Ubi Ungu. (3) Hubungan Kesiapan Siswa Dengan Hasil Praktek Kue Mangkok Ubi Ungu Siswa Kelas XI SMK Pencawan.Lokasi penelitian di SMK Pencawan Medan, jumlah siswa sebanyak 30 orang. Waktu penelitian pada bulan April - Mei2019. Data penelitian Kesiapan siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket, dan Hasil Praktek Kue Mangkok Ubi Ungu siswa dengan rubrik yang diamati melalui proses praktek. Analisis data menggunakan teknik deskriftip korelasional, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Kecenderungan Kesiapan Siswa tergolong Cukup (80,00%) dan Hasil Praktek Kue Mangkok Ubi Ungutergolong Tinggi (56,66). Hasil analisis normalitas dengan db=5 pada variabel kesiapan siswa X2hitung < X2tabel (7,00< 11,07) dan hasil praktek kue mangkok ubi ungu Yhitung < Ytabel (6,7< 11,07) pada taraf signifikan 5 persen adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji linieritas hasil praktek kue mangkok ubi ungu (Y) atas kesiapan siswa (X) dengan nilai adalah Fhitung < Ftabel ( -0,990< 1,782) adalah Linier.Sedangkan uji keberartian Fhitung <Ftabel (5,209<1,701) adalah Berarti. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan siswa dengan hasil praktek kue mangkok ubi ungu dengan nilai rhitung > rtabel (0,401> 0,361) maka hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan kesiapan siswa dengan hasil praktek kue mangkok ubi ungu.
Kata Kunci : Kesiapan, Hasil Belajar, Kue Indonesia
ABSTRACT
This study aims to: (1) Readiness of Class XI Students at SMK Pencawan Medan. (2) The Practice Results of Class XI Students of SMK Pencawan Medan Making Purple Sweet Potato Cupcakes. (3) The relationship between student readiness and the results of the practice of purple sweet potato cupcakes for class XI students at SMK Pencawan. The research location was at SMK Pencawan Medan, the number of students was 30 people. Research time in April - May2019. Research data on student readiness were collected using a questionnaire, and the results of the student's purple sweet potato cake practice using a rubric that was observed through a practical process. Data analysis used correlational descriptive technique, trend test, analysis requirement test with normality test, linearity test, hypothesis test with product moment correlation test. The results showed that the level of student readiness was classified as moderate (80.00%) and the results of the practice of purple sweet potato cupcakes were classified as high (56.66). The results of the normality analysis with db=5 on the student readiness variable X2count < X2table (7.00 < 11.07) and the practice results of purple sweet potato cupcakes Ycount < Y table (6.7 < 11.07) at a significant level of 5 percent were normally distributed . The results of the linearity test analysis of the results of the purple sweet potato cupcake practice (Y) on student readiness (X) with a value of Fcount < F table ( -0.990 < 1.782) is linear. While the significance test of Fcount < F table (5.209 < 1.701) is Mean The results of the product moment correlation analysis showed that there was a significant relationship between students' readiness and the results of the practice of purple sweet potato cupcakes with a value of rcount > rtable (0.401> 0.361), so the hypothesis that there was a relationship between student readiness and the results of the practice of purple sweet potato cupcakes.
Keywords: Readiness, Learning Outcomes, Indonesian Cake
References
Arikunto. Suharsimi. 2013. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Adhitya, S. G., Yusa, N. M., & Yusasrini, N. L. A. 2011.Pengaruh waktu
Pengukusan dan fermentasi terhadap karakteristik tape ubi jalar ungu. Ilmu Dan Teknologi Pangan (Itepa).
Ahmadi, Abu dan Supriyono Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ayud Aprista, 2014. Hubungan Pengetahuan Bahan Makanan dengan Hasil Praktek Kue – Kue Indonesia siswa SMK Negeri 1 Sewon.
Boga, Yasa (2015). Kue – Kue Indonesia 165 Resep Panganan Populer
Nusantara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Chendawati.2017. Resep Favorit NY Liem Kue Basah Populer. Jakarta. PT
Gramedia Pustaka Utama.
Damayanti, Susi (2010). Hubungan kesiapan siswa dan dukungan orang tua dengan hasil belajar kewirausahaan pada siswa SMK Wishuda KaryaKudus. Skripsi UPI.
Desrosi, N. 2008. Teknologi Pengawetan Pangan Edisi Ketiga. Penerjemah,
M. Miljoharjo.Jakarta: UI Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2003.Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar berdasarkan CBSA. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Kemendikbud, 2014. Prakarya. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kusumawati, Rika dan Putra, Winkanda Satria (2017). 101 Resep Jajanan Pasar Tradisional Istimewa .Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Marwanti.2000. Pengetahuan Masakan Indonesia. Yogyakarta. Adicita Karya
Nusa.
Rika Uli Banuera, 2018. Hubungan Pengetahuan Bahan Makanan dengan Hasil
Praktek Serelia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Medan. Skripsi Unimed
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudirman, N. 2013. Ilmu Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2013 . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung.
Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Jakarta
Wina Sanjaya. 2006 .Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media
Group.
AndrianSyah. 2014. Makalah Ubi Jalar. Di akses pada 25 Oktober 2018 dari
http://newmakalah.blogspot.com/2014/11/makalah-ubi-jalar.html.
https://www.scribd.com/doc/93313525/Materi-Pengolahan-Kue-Indonesi [diakses 20 April 2018].
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i1.26369
Article Metrics
Abstract view : 133 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.