Hubungan Intensitas Penggunaan Sumber Belajar Blogspot Dengan Hasil Belajar Boga Dasar Di SMK Negeri 1 Pantai Labu

Juanda Belmiro Nababan1 Nuwairy Hilda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana intensitas penggunaan blogspot sebagai sumber belajar (2) mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran boga dasar (3) hubungan intensitas sumber belajar Blogspot dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar. Lokasi Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pantai Labu Pada bulan Juni 2020. Pengambilan sampel penelitian  dilakukan dengan total sampling, yaitu seluruh siswa  kelas X  Tata Boga  dengan total 32 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex Post Facto, merupakan penelitian dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel-variabel terikat dalam suatu penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi nilai raport. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat, uji hipotesis menggunakan uji T korelasi product moment.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Intensitas penggunaan sumber belajar blogspot yang dilakukan oleh siswa kelas X Smk Negeri 1 Pantai Labu cenderung Cukup. ( 87, 5 % ). Tingkat kecenderungan hasil belajar boga dasar siswa baik ( 78,12% ). Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment dengan nilai rxy = 0, 407 dengan demikian harga rhitung > rtabel yaitu ( 0, 407 > 0, 349) pada taraf 5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan sumber belajar blogspot dengan hasil belajar boga dasar siswa di SMK Negeri 1 Pantai Labu” dapat diterima.

Kata Kunci: Sumber Belajar Blogspot; Hasil Belajar; Boga Dasar.


ABSTRACT

This study aims to determine: (1) how the intensity of using blogspot as a learning resource (2) knowing student learning outcomes in basic cooking lessons (3) the relationship between the intensity of Blogspot learning resources and student learning outcomes in Basic Culinary lessons. The location of this research was conducted at SMK Negeri 1 Pantai Labu in June 2020. The research sample was taken by total sampling, namely all students of class X Catering with a total of 32 students. This research is a type of Ex Post Facto research, where the independent variables have occurred when the researcher started with the observation of the dependent variables in a study. Data collection techniques used a questionnaire instrument and documentation of the value of report cards. The data analysis technique used data descriptions, trend test, normality test using the Chi Square formula, hypothesis testing using the product moment correlation T test. The results of this study indicate that the intensity of using blogspot learning resources carried out by class X SMK Negeri 1 Pantai Labu tends to be Enough. (87, 5%). The tendency level of students' basic food learning outcomes was good (78.12%). Based on the results of the product moment correlation analysis with a value of rxy = 0, 407, thus the price rcount> rtable, namely (0, 407> 0, 349) at the 5% level. Thus it can be concluded that the hypothesis which states that "There is a positive and significant relationship between the intensity of the use of blogspot learning resources and the basic food learning outcomes of students at SMK Negeri 1 Pantai Labu" can be accepted.

Keywords: Blogspot Learning Resources; Learning outcomes; Basic Food.


Full Text:

PDF

References


Bintu bekti, humaira. (2015). Mahir Membuat Website Dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS, Dan Jquery. Jakarta: Andi Publisher.

Dimyati dan Mudjiono.( 2006 ). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawatiningsih, P. (2008). Restoran jilid 3. Yogyakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Fatah Syukur. (2008). Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Prawiradilaga, Dewi Salma. (2016). Wawasan teknologi pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Rusman. (2015). Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi. Jakarta: Rajawali pers.

Skripsi Salim. Hamzah. (2017). Hubungan Intensitas Penggunaan Internet Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts N Lubuk Pakam.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i2.26382

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.