Hubungan Motivasi Belajar Dan Dukungan Keluarga Dengan Hasil Belajar Kewirausahaan SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui (1) Motivasi belajar siswa; (2) Dukungan keluarga siswa; (3) Hasil belajar kewirausahaan; (4) Hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar kewirausahaan; (5) Hubungan Dukungan keluarga dengan hasil belajar kewirausahaan; (6) Hubungan motivasi belajar dan dukungan keluarga dengan hasil belajar kewirausahaan. Desain penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Pengambilan sampel secara Purposive Sampling, jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Waktu penelitian Pada Bulan Maret 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan uji korelasi ganda. Hasil analisis uji normalitas data dengan dk = 5 pada ketiga variabel adalah normal untuk cara belajar (Xhitung = 2,64 < Xtabel = 11,07), Dukungan Keluarga (Xhitung = 9,27 < Xtabel = 11,07) dan hasil belajar kewirausahaan (Xhitung = 5,93 < Xtabel = 11,07). Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kewirausahaan dengan nilai sebesar rhitung = 0,968 > rtabel 0,254 pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin baik motivasi belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar kewirausahaan. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan hasil belajar kewirausahaan dengan nilai sebesar rhitung = 0,964 > rtabel 0,254 pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin baik dukungan keluarga maka semakin tinggi hasil belajar kewirausahaan. Hasil analisis korelasi ganda antara motivasi belajar dan Dukungan keluarga dengan hasil belajar kewirausahaan dengan nilai Fhitung > Ftabel (50,83 > 3,15) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin baik motivasi belajar dan semakin tinggi dukungan keluarga siswa maka semakin tinggi hasil belajar kewirausahaan.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Dukungan Keluarga, Hasil Belajar, Kewirausahaan.
ABSTRACT
This study aims to determine (1) student learning motivation; (2) Student family support; (3) Entrepreneurship learning outcomes; (4) The relationship between student motivation and entrepreneurial learning outcomes; (5) the relationship between family support and entrepreneurial learning outcomes; (6) The relationship between learning motivation and family support with entrepreneurial learning outcomes. The research design was descriptive correlational. The research location is at the Imelda Tourism Private Vocational School in Medan. Sampling was purposive sampling, the number of samples was 61 students. Research time was in March 2020. The data analysis techniques used were descriptive data, trend test, analysis requirements test with normality test, linearity test, hypothesis test with product moment correlation test, partial test and multiple correlation test. The results of the data normality test analysis with dk = 5 on the three variables are normal for learning methods (Xcount = 2.64 <Xtable = 11.07), Family Support (Xcount = 9.27 <Xtable = 11.07) and entrepreneurial learning outcomes. (Xcount = 5.93 <Xtable = 11.07). The results of the product moment correlation analysis showed a significant relationship between learning motivation and entrepreneurial learning outcomes with a value of rcount = 0.968> rtabel 0.254 at a significant level of 5 percent, meaning that the better the student's learning motivation, the higher the entrepreneurial learning outcomes. The results of the product moment correlation analysis have a significant relationship between family support and entrepreneurial learning outcomes with a value of rcount = 0.964> rtabel 0.254 at a significant level of 5 percent, meaning that the better family support, the higher the entrepreneurial learning outcomes. The results of the multiple correlation analysis between learning motivation and family support with entrepreneurial learning outcomes with a value of Fcount> Ftable (50.83> 3.15) at a significant level of 5 percent, meaning that the better the motivation to learn and the higher the student's family support, the higher the learning outcomes. entrepreneurship.
Keywords: Learning Motivation, Family support, Learning outcomes, Entrepreneurship.
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.
Bobbi DePorter, dkk. (2012). Quantum Teaching. (Alih bahasa : Ary Nilandari). Bandung: KAIFA.
Purwanto (2015). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.
Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.
Sagala. (2009). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV. Yrama Widya.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono, 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : PT. Alfabeta.
Suharsimi, 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Sihar Grafika Offset. Jakarta.
Syaeful Sagala. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Yus Anita dan Nuraini. (2015). Psikologi Pendidikan. Medan: PPs Unimed .
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i2.26387
Article Metrics
Abstract view : 86 timesPDF - 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.