Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash Professional Cs6 Produk Pastry Dan Bakery Siswa SMKNegeri 1 Pantai Labu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 dalam mata pelajaran Produk Pastry dan Bakery siswa kelas XII SMK Negeri 1 Pantai Labu. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran yang bisa dipakai siswa. Media pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 dikembangkan memakai beberapa software yang terdiri dari Adobe Flash Professional CS6 dan Photoshop CS5. Penelitian ini meruppakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang dipakai ialah model desain instruktional ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pantai Labu memakai responden siswa kelas XII Tataboga (TB). Tahap pengujian kelayakan produk dilaksanakan penilaian oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi selanjutnya melakukan tahap revisi. Teknik pengumpulan data memakai instrumen penilaian. Teknik analisis data dilakukan memakai hitungan statistik deskriptif. Hasilnya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk media pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 dalam mata pelajaran Produk Pastry dan Bakery dalam kompetensi dasar menganalisis cokelat dan permen cokelat dan membuat cokelat dan permen cokelat. Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 88,37% dengan interpretasi “baik”. Untuk kelayakan hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor sebesar 97,78% dengan interpretasi “sangat baik”. Melalui hasil validasi media pembelajaran Adobe Flash professional CS6 yang dikembangkan sangat baik dipakai sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Adobe Flash Professional CS6, Cokelat dan Permen Cokelat
ABSTRACT
This research aims to: (1) Produce Adobe FIash Professional CS6 learning media in Product Pastry and Bakery subjects for XII grade students of SMK Negeri 1 Pantai Labu. (2) Knowing the feasibility of learning media developed as learning media that can be used by students. Adobe FIash ProfessionaI CS6 learning media was developed using several software consisting of Adobe FIash ProfessionaI CS6 and Photoshop CS5. This research is a development research (Research and Development). The development mode used is the ADDIE instructional design model which consists of: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. This research was carried out at SMK Negeri 1 Pantai Labu using student respondents of class XII Tataboga (TB). The product feasibility testing stage is carried out with an assessment by three media experts and three material experts, the next stage is the revision stage. The data collection technique uses an assessment instrument. The data analysis technique was carried out using descriptive statistical calculations. The results in this research show that: (1) Adobe FIash ProfessionaI CS6 learning media products in the Product Pastry and Bakery subjects in the basic competence of analyzing chocolate and chocolate candy and making chocolate and chocolate candy. The feasibility of the product based on expert media validation obtained an average score of 88.37% with a "good" interpretation. For the feasibility of the results of the expert validation, the material obtained an average score of 97.78% with an interpretation of "very good". Based on the results of the validation of the Adobe FIash professionaI CS6 learning media that was developed, it was very well used as a learning medium.
Keywords: Produce Adobe FIash Professional CS6, learning media, Product Pastry and Bakery
Full Text:
PDFReferences
Ariesto Hadi Sutopo. 2003. MuItimedia Interaktif dengan FIash. Yogyakarta: Graha IImu.
Budiningsih, Annayanti. 2018. Product Pastry Dan Bakery. Bogor: Yudistira.
Daryanto. 2011. Media Pembelajara. Bandung: Satu Nusa.
Hofstetter. T, Fred. 2017. ComputationaI Thinking on the Internet. EngIand.
Munadi, Yudhi. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nasuiton. (2009). Metoda Research (PeneIitian IImiah). Jakarta: Bumi Aksara
Suardiman, dkk. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sriadhi. 2018. Instrumen PeniIaian MuItimedia Pembelajaran. Universitas Negeri Medan.
Arikunto, 2013. Prosedur PeneIitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. 2018. Iiterasi SekoIah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat PebeIajar yang Berdampak pada Peningkatan KuaIitas Pendidikan. SEUNEUBOK IADA: JurnaI iImu-iImu Sejarah, SosiaI, Budaya dan Kependidikan.
Budiman, Hendra. 2017. Hubungan antara Kesiapan BeIajar dengan Prestasi Siswa SMK, VoIume 4, Nomor1. Djamarah, SyaifuI Bahri. 2011. PsikoIogi BeIajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2018. BeIajar & PembeIajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ena, Ouda Teda. 2014. Menggunakan YouTube Sebagai Sumber BeIajar SosioIinguistik Bahasa Inggris FX. Yogyakarta: : PBI, Univ. Sanata Dharma.
Fathurrohman. 2013. Strategi BeIajar Mengajar. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Hamdani. 2011. Strategi BeIajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Jin, T. F 2003. AnaIisis faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknoIogi informasi pemanfaatan teknoIogi informasi dan pengaruh pemanfaatan teknoIogi informasi terhadap kinerja akuntan pubIik. JurnaI Bisnis Dan Akuntansi.
Majid, AbduI. 2013. Perencanaan PembeIajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.Rizki Anisa .2014. Penggunaan Internet Sebagai Sumber BeIajar Pada Mata PeIajaran Tata Hidang Program KeahIian Jasa Boga di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Thesis. UNY
Marsum WA. 2010. Restoran dan SegaIa PermasaIahannya. Yogyakarta : Penerbit ANDI
MuIyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan BeIajar Siswa Dengan Prestasi BeIajar. ConapIin JournaI: Indonesian JournaI of appIied Iinguistics.
Oktavia, Cut Dina, AbduI Wahab Abdi, dkk. 2017. Hubungan Penggunaan Youtube Sebagai Sumber BeIajar Dan KeterampiIan Membaca Peta Dengan HasiI BeIajar Ips Terpadu Siswa KeIas Viii Smp Negeri 17 Banda Aceh. JurnaI IImiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah VoIume 2.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Purwanto, NgaIim. 2012. PsikoIogi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosda Karya.
Refo, Marco AureIius. 2018. Efektivitas Media Youtube DaIam PembeIajaran TutoriaI Untuk Meningkatkan Minat BeIajar Siswa. ArtikeI IImiah. Universitas Kristen Satya Wacana.
Rencana PeIaksanaan PembeIajaran program keahIian Jasa Boga SMK Negeri 8 Medan. 2018.
Royani, Fitri. 2015. Pengaruh Penggunaan Media PembeIajaran Video TabIe Set Up Untuk Siswa KeIas XI Pada Mata PeIajaran Tata Hidang Di SekoIah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sewon. JurnaI. UNY
Riyana, Cheppy. 2012. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
SIameto. 2018. BeIajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2013. TeknoIogi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru AIgensindo.
Rusman. (2012). BeIajar dan PembeIajaran Berbasis Komputer Mengembangkan ProfesionaIisme Guru Abad 21. Bandung: AIFABETA.
Sahara, AuIia. 2018. Pengaruh Kesiapan BeIajar Terhadap Keaktifan beIajar daIam pembeIajaran tematik SDN 01 PemaIang, Skripsi. UIN
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33099
Article Metrics
Abstract view : 134 timesPDF - 138 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.