PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATERI LIPATAN SERBET SMK PUTRA ANDA BINJAI

Wahyu Hajj Ferrel Siti Sutanti Dian Agustina Dalimunthe Yuziah Eka Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Media pembelajaran video tutorial; (2) Kelayakan media pembelajaran video tutorial; (3) Pengembangan media video tutorial materi lipatan serbet (napkin folding).  Penelitian dilaksanakan di SMK Putra Anda Binjai. Waktu penelitian pada bulan Maret 2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penilitian R&D (Research and Development) serta model pengembangan yang digunakan yaitu  model pengembangan Borg and Gall kemudian metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kelayakan video menggunakan skala Likert. Pengembangan Produk ini meliputi tahapan, yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk dengan menyusun storyboard, validasi desain, revisi desain, validasi ahli media, validasi ahli materi, revisi produk, penilaian hasil akhir, penyebaran video tutorial lipatan serbet (napkin folding). Video tutorial divalidasi oleh tiga ahli materi, tiga ahli media, maka video tutorial siap untuk diterapkan kepada 46 orang siswa kelas XI sebagai sasaran produk. Untuk mendapatkan skor penilaian kualitas produk pengembangan video tutorial ini, digunakan angket sebagai alat untuk mendapatkan skor penilaian video tutorial lipatan serbet. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan media video tutorial lipatan serbet, didapat hasil penelitian yang menyatakan bahwa video tutorial lipatan serbet (napkin folding) oleh tiga orang ahli materi memiliki skor presentase sebesar 93,33% dan tiga orang ahli media memiliki skor presentase sebesar 90,26%. Disimpulkan bahwa video tutorial lipatan serbet (napkin folding) sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah SMK Putra Anda Binjai.

 Kata Kunci : media pembelajaran, video tutorial dan kelayakan

ABSTRACT

This study aims to: (1) instructional media video tutorials; (2) the feasibility of video tutorial learning media; (3) Development of video tutorial media for napkin folding material. The research was conducted at SMK Putra Anda Binjai. The research time is March 2021. The method in this study uses the R&D (Research and Development) research method and the development model used is the Borg and Gall development model then the method used to measure the feasibility of the video using a Likert scale. This product development includes stages, namely potential and problems, gathering information, product design by compiling storyboards, design validation, design revision, media expert validation, material expert validation, product revision, final result assessment, distribution of napkin folding tutorial videos. . The video tutorial was validated by three material experts, three media experts, then the video tutorial is ready to be applied to 46 students of class XI as product targets. To get a product quality assessment score for the development of this tutorial video, a questionnaire was used as a tool to get an assessment score for the napkin folding tutorial video. The result of this research is the development of napkin folding tutorial video media, the results of the study stated that the napkin folding tutorial video by three material experts had a percentage score of 93.33% and three media experts had a percentage score of 90, 26%. It was concluded that the napkin folding tutorial video was very feasible to be used as a learning medium at the SMK Putra Anda Binjai school.

 Keywords: learning media, video tutorials and feasibility.


Full Text:

PDF

References


Abdul, Gafur 2012. Desain Pembelajran. Yogyakarta : PT. Rineka Cipta

Ajeng, Wind. 2014. Forensic Accounting. Jakarta: Dunia Cerdas

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi PembelajaranBandung : PT Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Baharuddin, I. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2):2339-0794.

Borg & Gall, 2015. Education Researh, New York : Ally And Bacon.

Chaer, Abdul Dan Agustinas Leonie. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Daryanto, Karim Syaiful. 2017. Pembelajaran Abad 21. Gava Media.

KBBI. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) [Online]: Available At: Http://Kbbi.Web.Id/Tutorial [Diakses 12 September 2020]

Muthiah. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Rok Suai Kelas Xi Tata Busana Di Smk Negeri 1 Ngawen. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ningsih, Kusuma Diah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Lipatan

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Smaldino, S. E, Lowther, D. L, Russell, J. D. 2011. Instructional Technology And Media For Learning Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar (Terjemahan Edisi Kesembilan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Resdakarya.

Sutomo, Budi. 2009. The Simple Art Of Napkin Folding. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Syahid, Rosyidi Ahmad. 2017. Cara Melipat Napkin Dengan Mudah. Jakarta. Studi Pariwisata.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i2.33112

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.