HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG POTONGAN SAYURAN DENGAN HASIL POTONGAN SAYURAN PADA SOUP DI SMK PENCAWAN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengetahuan siswa tentang potongan sayuran (2) Hasil belajar potongan sayuran pada soup (3) Hubungan pengetahuan siswa tentang potongan sayuran dengan hasil potongan sayuran pada soup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelatif. Lokasi penelitian di SMK Pencawan Medan dan jumlah responden 34 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan. Waktu penelitian pada bulan Mei –Juli 2016. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pengetahuan dan praktek. Validitas instrument di uji menggunakan korelasi Product Moment. Reliabilitas instrument di uji menggunakan rumus Alpha cronbach. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Data variabel pengetahuan siswa tentang potongan sayuran di jaring dengan menggunakan tes dan hasil potongan sayuran pada soup di jaring dengan menggunakan tes pengamatan. (1) Pengetahuan Siswa Tentang Potongan Sayuran (X) siswa kelas X program keahlian jasa boga SMK Pencawan Medan yakni memiliki rata-rata hitungan sebesar 27,94. Simpangan baku sebesar 3,4 dengan tingkat kecendrungan kategori tinggi (85,3%). Dengan skor tertinggi 34 dan skor terendah 17. (2) Hasil potongan sayuran pada soup (Y) siswa kelas X program keahlian jasa boga SMK Pencawan Medan yakni memiliki rata – rata hitungan sebesar 49,11. Simpangan baku sebesar 4,28 dengan tingkat kecendrungan kategori tinggi 27 orang (79,4%), dengan skor tertinggi 54 dan skor terendah 37. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji normalitas data variabel (X) untuk ubahan Y dengan menggunakan Lhitung diperoleh harga Lhitung < Ltabel yaitu (0,10 < 0,15) pengetahuan siswa tentang potongan sayuran berdistribusi normal (2) Hasil uji normalitas data variabel (Y) untuk ubahan Y dengan menggunakan Lhitung diperoleh harga Lhitung < Ltabel yaitu (0,12 < 0,15) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data ubahan hasil potongan sayuran pada soup berdistribusi normal. (3) Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 27,08 + 0,86X dengan Fh > Ft yaitu (354,8 > 2,39) sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ini adalah berarti dan hasil perhitungan tuna cocok diperoleh Fh < Ft yaitu ( 0,95 < 2,39) sehingga dapat disimpulkan bahwa bentuk regresi adalah linier. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan siswa tentang potongan sayuran (X) dengan hasil potongan sayuran pada soup (Y) siswa kelas X program keahlian jasa boga dengan koefisien korelasi rxy = 0,93 dan rtabel = 0,339 pada taraf signifikan 5 %. Sehingga harga rh > rt yaitu 0,93 > 0,339.
Kata kunci : Pengetahuan, Hasil
Full Text:
PDFReferences
Alfhaiz, Alfhaizan. 2012. Makalah Lengkap
Pengolahan Sayur Yang Benar. Diakses pada 3 Maret 2016 dari http://alfhaizana.blogspot.co.id/2012/11/makalah-lengkap-pengolahan-sayur-yang.html.
Arby, Kurniawan. 2015. Teknik Memotong
Bahan Makanan. Diakses pada 3
Maret 2016 dari
http://kurniawanarby.blogspot.co.id/2015/04/tehnik- memotong-bahan-makanan.html.
Ayu, Puspita. 2015. Penjelasan Lengkap
Tentang Soup: Pengertian soup,
Sejarah Soup, Fungsi Soup, Jenis
jenis Soup, Bahan-bahan
pembuatan soup. Diakses pada 18
Agustus 2016 dari
http://mypavlovenewaddres.blogspot.co.id/2015/10/penjelasan-lengkap tentang-soup.html
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Fridiarty, Lelly dan Nila. 2012.
Pengetahuan Bahan Makanan.
Medan: UNIMED
Friska, Riana, dkk. 2012. Bahan Ajar DasarBoga. Medan: UNIMED
Hosea, Damen O. 2014. Jenis-jenis
Potongan Sayuran. Diakses pada 3
Maret 2016 dari
http://artikel.kulinerku.blogspot.co.id/2014/01/jenis-jenis-potongan-pada-sayuran.html.
Nur, A. 2013. Hubungan antara Motivasi
Belajar Dengan Prestasi Belajar
Siswa Kelas X Mata Pelajaran
Melakukan Persiapan Pengolahan
(Membuat Potongan Sayuran) Di
SMK Negeri 6 Yogyakarta.
Yogyakarta
Ningrum A. P. 2014. Penerapan Hasil
Belajar “Membuat Potongan
Sayuran”pada Praktik Pengolahan
Makanan Kontinental Di SMKN 3
Cimahi. Cimahi.
Notoatmodjo, 2010. Metodologi Penelitian
Kesehatan. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sudarmanto. 2009. Kinerja Dan
Pengembangan Kompetensi SDM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar. (Cet.
XV). Bandung: PT. Ramaja
Rosdakarya.
Surya, Mohammad. 1992. Psikologi
Pendidikan (cetakan ke-5 Edisi
Revisi). Bandung : Jurusan PPB
UPI.
Wirda, Nurul. 2010. Menyiapkan dan
Menyajikan Soup. Diakses pada 18
Agustus 2016 dari
https://nurulwirda.wordpress.com/2010/02/02/menyiapkan-mengolah-dan-menyajikan-sup
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7741
Article Metrics
Abstract view : 904 timesPDF - 1854 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.