HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KESIAPAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN INDUSTRI (PKLI) DI PERHOTELAN SISWA TATA BOGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PUTRA ANDA BINJAI

Fitri Edi Safutra, Erli Mutiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui: (1) kepercayaan diri siswa; (2) kesiapan siswa Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) diperhotelan; (3) hubungan kepercayaan diri siswa dengan Kesiapan Praktek Kerja  Lapangan Industri (PKLI) di Perhotelan. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Putra Anda Binjai. Sampel dalam penelitian menggunakan sampel total (total sampling) yaitu siswa kelas XI  Tata boga berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan angket untuk menjaring kepercayaan diri dan Kesiapan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) di Perhotelan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linearitas, menggunakan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kecenderungan variabel kepercayaan diri termasuk cenderung cukup sebesar (100%), dan Kesiapan Siswa Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) diperhotelan termasuk kategori cenderung cukup (97,14%). Hasil analisis uji normalitas dengan db=5 pada variabel kepercayaan diri Xhitung < Xtabel (7,158 < 11,070), dan Kesiapan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) diperhotelan Xhitung < Xtabel (5,74 < 11,070)  pada taraf signifikan (5%) adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji linieritas kesiapan praktek kerja lapangan industri (PKLI) di Perhotelan (Y) atas Kepercayaan diri (X) dengan nilai adalah Fhitung < Ftabel (-1606,42< 2,77) adalah  Linier, sedangkan uji keberartian dengan nilai Fhitung>Ftabel (36,96> 4,15) adalah Berarti.

Hasil analisis korelasi product momen diperoleh korelasi antara Kepercayaan Diri (X) dengan  Kesiapan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) di Perhotelan (Y) diperoleh nilai sebesar rxy= (37,37 > 0,334) pada taraf signifikan (5%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kesiapan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) diperhotelan. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin baik Kesiapan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) di Perhotelan.

 

Kata Kunci:Siswa SMK, Percaya Diri dan Kesiapan Kerja


Full Text:

PDF

References


Achmad S. Ruky. 2013. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Albert Bandura. (2013). Self-Efficacy (Efikasi Diri). (http://treepjkr.multiply. com/diakses tanggal 12 April 2012).

Angelis, De Barbara. 2013. Confidence: Percaya Diri Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, Surya. 2012.Manajemen Kinerja. Edisi ketiga.Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Dirwanto. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pada Siswa SMK Ma’arif Nu Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup.Thesis. Program Pascasarjana Universitas SebelasMaret. Surakarta.

Finkawati Amara (2013),Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri IX Kota Gorontalo. Skripsi Universitas Gurontalo.

Febrianto Bayu, dkk (2013), Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kesiapan kerja Praktek Kerja Industri (Prakerin) SMK Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan: Yogyakarta.

Fitriyanto A. 2006. Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta. Dineka Cipta.

Gael, Lindenfield. 2012. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.

Hamalik, Oemar. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hakim, Thursan. 2012.Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Herminanto, Sofyan. 2012. Kesiapan Kerja Siswa STM di Jawa. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Kartini, H. 2010. Kesiapan kerja kelulusan SMK di Dunia Industri. Diakses pada Januari 2016. http//:kartinihapsari.blogspot//.com

Ketut, 2010. Analisis kesiapan dan kematangan kerja individual. Jakarta. Bumi Aksara

Kemendiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter.Jakarta:PT Bumi Aksara

Lauster,P., 2012, The Personality Test, London: Pan Books.

Niko Dimas Saputro (2012), Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Employability Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Ndraha, Taliziduhu. (2013). Pengantar Teori Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto, (2012).BelajardanFaktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sudjana N, (2013). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2012. PsikologiPendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&B. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7743

Article Metrics

Abstract view : 496 times
PDF - 1468 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.