PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN SISWA TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pengetahuan Bahan Makanan (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pengetahuan Bahan Makanan (3) Untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar pada Pengetahuan Bahan Makanan. Desain Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 8 Medan. Penentuan kelas dilakukan secara Simple Random Sampling sehingga sampel kelas terdiri dua kelas yaitu kelas X-4 yang berjumlah 33 orang dan kelas X-5 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar pengetahuan bahan makan yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual kategori cenderung tinggi dengan jumlah persentase 84,85 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar pengetahuan bahan makan yang tidak menggunakan media pembelajaran Audio Visual kategori cenderung cukup dengan jumlah persentase 99,99 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal. Dengan nilai kelas eksperimen (Xhitung = 9,015 < Xtabel = 11,07), kelas kontrol (Xhitung = 8,160 < Xtabel = 11,07). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai > (16,13 > 1,661) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa Tata Boga SMK Negeri 8 Medan. Artinya dengan penggunaan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pengetahuan Bahan Makanan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar, Pengetahuan Bahan Makanan
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Sabri.2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: PT.Ciputat Press
Anderson, L. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen. Jakarta. Pustaka Belajar.
Arifin, Zainal, 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur, Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar, Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grapindo persada. Cetakan ke XIII.
Departemen Pendidikan Nasional.2005. Praturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005,tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyanti, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Dharmayanti, Laksmi. 2013. Pengetahuan Bahan Makanan 2. Jakarta : Dinas Pendidikan dan kebudayaan
Fathurrohman dan Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Garlach, Ely.2011. Teaching and Media : a systematicapproch. Englewood Cliffs : Prentice- Hall.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamdani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Isma, Muhammad, A. 2015. Perbedaaan Hasil Belajar Yang Menggunakan Dan Tidak Menggunakan Media Pada Pengenalan Bahan Pangan di SMP Negeri 7 Binjai. Skripsi. Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik. Unimed.
Koswara, Sutrisno.2009.Penggolahan Unggas.Jakarta:E-bookpangan.com
Mizan Taufiqurrahman (2009), Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Kompetensi siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Di MI NasyrulUlum 2 BrakasKlambu Grobogan Tahun Pelajaran 2008/2009,Skripsi, (Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo).
Prihastuti dkk, (2008). Restorant Jilid I Untuk SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Sadiman, Arif, dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengetahuan, dan Permanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Safriana, Rangkuti, Anisa. (2015), dalam penelitiannya tentang Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar garnish di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Skripsi. Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik. Unimed.
Sagala, 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alpabet.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana N, 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sudjana. 2012. Metoda Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Smith, Frank. 2010. Understanding Reading Edisi Revisi . London :Lawrence Erlbaum Associate Publisher.
Yamin, Martinis.2010. Profesionalisme Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press
Widta, Retno.2001.Pengetahuan Dasar Penggolahan Makanan Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Wina Sanjaya, 2013. Perencanaan Pembelajaran dan Desain System Pembelajaran, (Jakarta: Kencana)
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7744
Article Metrics
Abstract view : 802 timesPDF - 1604 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.