HUBUNGAN PENGETAHUAN ANAK SD TENTANG MAKANAN SEHAT DENGAN PEMILIHAN JAJANAN DI DESA JANJI RANTAUPRAPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik keluarga anak SD (usia ayah/ibu, jumlah anggota keluarga, pendidikan ayah/ibu, pekerjaan ayah/ibu, pendapatan ayah/ibu dan besar uang saku siswa), (2) Untuk mengetahui pengetahuan anak SD tentang makanan sehat, (3) Untuk mengetahui pemilihan jajanan anak SD, (4) Untuk mengetahui hubungan pengetahuan anak SD tentang makanan sehat dengan pemilihan jajanan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 112146 Janji. Pengampilan sampel dilakukan dengan teknik sampel total. Jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan korelasi spearman atau SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sampel berusia 10 tahun sebanyak 50 persen, jenis kelamin laki-laki 51,3 persen dan jenis kelamin perempuan sebanyak 48,7 persen dan besar uang saku sebagian besar berada pada kategori sedang (Rp 2.500–Rp 4.500) sebanyak 60,3 persen. Karekteristik keluarga berdasarkan usia ayah responden sebagian besar berada pada kategori setengah bayah (40-59 tahun) sebanyak 57,7 persen. Usia ibu responden sebagian besar berada pada kategori dewasa awal (18-39 tahun) sebanyak 65,4 persen Jumlah anggota keluarga responden sebagian besar pada kategori keluarga sedang (4-6 orang) sebanyak 84,6 persen. Pendidikan ayah responden sebagian besar pada kategori SLTP/SLTA (7-12 tahun) sebanyak 79,5 persen. Pendidikan ibu responden sebagian besar pada kategori SLTP/SLTA (7-12 tahun) sebanyak 71,8 persen. Pekerjaan ayah responden cukup bervariasi, diantaranya PNS (pegawai negeri sipil), Pegawai BUMN, wiraswasta, wirausaha, karyawan PTPN, karyawan, supir, petani, bangunan dan buruh. Pekerjaan ibu responden cukup bervariasi, diantaranya PNS (pegawai negeri sipil), wiraswasta, wirausaha, bidan, buruh, guru, petani dan ibu rumah tangga. Pendapatan orang tua responden sebagian besar berada pada kategori sedang Rp 1.500.000-3.500.000 sebanyak 61,5 persen. Pengetahuan anak SD tentang makanan sehat sebagian besar termasuk kategori sedang dengan persentase 69,2 persen. Pemilihan jajanan berada pada kategori baik dengan persentase 71,8 persen. Hasil uji statistik korelasi spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan anak SD tentang makanan sehat dengan pemilihan jajanan dengan nilai r = -0,202 dan ρ = 0,067.
Kata Kunci : Pengetahuan, Makanan Sehat, Pemilihan, Jajanan
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Nila. 2013. Cara Cerdas Pilih Jajanan Sehat Untuk Ananda. Diakses tanggal 03 Agustus 2015 dari http://nilaamalia14888.blogspot.com.
Andriyana Ruchiyat. 2007. Hubungan Antara Higiene Perorangan Frekuensi Konsumsi dan Sumber Makanan Jajanan dengan Kejadian Diare. Skripsi GK. Fakultas Kedokteran, Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Anonim. 2002. BTM: Fungsi dan Penggunaanya dalam Makanan. Diakses tanggal 13 Desember 2015.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ayu Indrawati Dewi P. 2015. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Sikap dalam Memilih Jajanan pada Anak Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya.
Badan Pusat Statistik. 2014. Kategori Upah Minimum Regional. Diakses tanggal tanggal 10 Februari 2016.
BKkbN. 2011. Batasan dan Pengertian MDK. Diakses tanggal 27 Februari 2016 dari http://BKkbN.go.id.
Bondika Ariandani Aprillia. 2011. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.
Candra Puspanigrum. 2015. Jajanan Sehat. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Politeknik Kesehatan Yogyakarta.
Devi, Nirmala. 2012. Gizi Anak Sekolah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Februhartanty, J. Dan Iswaranti. 2004. Amankah Makanan Jajanan Anak Sekolah di Indonesia. Diakses tanggal 25 januari dari http://www.gizi.net.
Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Irianto, Kus. 2007. Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung: Cvyrama Widya.
Khomsan, A. 2003. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Institut Pertanian Bogor. Jakarta.
Kindi Amelia. 2013. Hubungan Pengetahuan Makanan dan Kesehatan dengan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.
Moerjipto. 2003. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nani, Surtiretna, Dkk. 2013. Mengenal Makanan dan Kesehatan. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Notoatmodjo S. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rudi Setiawan. 2013. Hubungan Pengetahuan Tentang Pemilihan Makanan Jajanan Dengan Perilaku Anak Sekolah Dasar Dalam Memilih Makanan Jajanan Di SD N Karangasem III Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Saifullah, Saifi. 2010. Pengaruh Status Ekonomi Terhadap Prestasi Siswa.
Setiawan, Edi. 2010. Hati-Hati Jangan Jajan Sembarangan. Kementrian Kesehatan RI, Direkrorat Jendral Bina Gizi dan KIA. Diakses tanggal 13 Mei 2015 dari http://www.gizikia.depkes.go.id/archieves/837
Solihin. 2005. Prilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Suci, Euinike Sri Tyas. 2009. Gambaran Prilaku Jajan Murid Sekolah Dasar Di Jakarta. Jakarta: Psikobuana. Vol. 1. No. 1.29-38.
Sudarmawan. 2013. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Pemilihan Jajanan Dengan Perilaku Anak Memilih Jajanan Di SDN Sambikerep II/480 Surabaya, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Tri. 2001. Potensi Makanan Tradisional dalam Pengembangan Industri Pangan. Lemlit: UNESA.
Widya Karya Nasional Panagan Dan Gizi VIII. 2004. Ketahanan Pangan dan Gizi Di Era Otonomi Daerah dan Globalisasi. BPS, Depkes Badan POM, Bappenas, Deptan dan Ristek. Jakarta.
Widuri, Hesti. 2013. Komponen Gizi dan Bahan Makanan. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Winarno, F.G. 2002. Keamanan Pangan Jilid I. Bogor: M-Brio Press.
Yandianto. 2011. Ilmu Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7745
Article Metrics
Abstract view : 1615 timesPDF - 2082 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.