PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Paskaria Doloksaribu, Siti Wahidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi potongan sayuran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di  kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar; (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi potongan sayuran dengan menggunakan  model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar di kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar; (3) untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media gambar Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.

Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Boga 1 dan kelas X Boga 2 yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 64 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes materi potongan sayuran. Persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada materi potongan sayuran pada kelas ekperimen (menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar) diperoleh nilai rata- rata sebesar 77,70 dan standar deviasi 5,32 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 30% dan tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) diperoleh nilai rata-rata 68,59 dan standar deviasi 6,90. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 5,856 dengan ttabel pada dk 62 yaitu sebesar 2,00. Maka thitung > ttabel yaitu (5,856 > 2,00), yang artinya bahwa Hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar terhadap hasil belajar boga dasar pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar diterima.

 

Kata Kunci: model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar, boga dasar


Full Text:

PDF

References


Ariani. 2014. Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 4 Kisaran dan SMA Negeri 1 Binjai. Medan: Universitas Negeri Medan.

Arikunto S. 2006. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta : Rhineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cidartaty. 2013. Boga Dasar 1. Depok: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Dahar. 2011. Teori- Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jumida, Mari. 2011. Pengaruh Demontrasi dan Minat Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tekstil di SMK Negeri 2 Berastagi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Mulyasa E.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman, A. M. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Rafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I Made. 2008. Media Pembelajaran. Singaraja: Institut Keguruan dan ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Trianto S. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Yolandha. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kompetensi Perawatan Kulit Kepala Dan Rambut Pada Siswa Kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Medan: Universitas Negeri Medan.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7746

Article Metrics

Abstract view : 315 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.