PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK PUTRA ANDA BINJAI

Suci Dwi Asyiah, Frida Dinar

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan hasil observasi yaitu kurang maksimalnya hasil belajar siswa serta kurang maksimalnya pemberikan variasi belajar pembelajaran di kelas X Tata Boga SMK Putra Anda Binjai. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Koperatif tipe Talking Chips ini terhadap hasil belajar Boga Dasar kelas X Tata Boga. Penelitian dilaksanakan di SMK Putra Anda Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK Putra Anda Binjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefsien Point Biserial sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunujukkan bahwa berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe Talking chips di peroleh rata-rata skor 73,13 dan varians 10,12 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 41 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 53,3% tergolong Baik dan 3,3% tergolong kurang. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan model pembelajran konvensional terdapat rata-rata skor 54,23 dan varians 7,40 dengan skor tertinggi 70 dan skor terendah 41 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 73,3% tergolong Cukup dan 23,4% tergolong kurang. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat thitungyaitu 8,05 dengan ttable  yaitu 1,67 dapat terlihat bahwa thitung>ttabel atau 8,05>1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Boga Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Boga Dasar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai.

 

Kata kunci : Pembelajaran Konvensional tipe Talking Chips, Hasil belajar, Boga Dasar


Full Text:

PDF

References


Abidin & Yunus, 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Jakarta: Refika Aditama

Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksaras

Bartono P.H & Ruffino, 2006. Dasar-Dasar Food Product. Jakarta: Andi

Dimyati dan Mudijion, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaful Bahri.2011.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Golu W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hilma Astuti, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 13 Banda Aceh. Skripsi (Unsyiah)

Ibrahim R & Nana Yaodin S, 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Riena Cipta

Kagan, Spencer & Miguel. 2009. Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press Sanjaya, Wina, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Siahaan, Riana Friska Dkk. 2012. Bahan Ajar Dasar Boga. Medan: Unimed Press

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Hasil. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudirman A.M, 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar

Sugioni, 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus. 2012, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti Cholifatul Indah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mtsn Karangrejo. Skripsi (Institut Agama Islam Negeri Tulungagung)

Widiarty. Z, 2013. Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe kancing gemerincing terhadap hasil Dan minat belajar matematika siswa Kelas vii smp dwi sejahteraPekanbaru. Skripsi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyi Riau)

Wahab. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Alat Tubuh Makhluk Hidup Dan Fungsinya. Skripsi (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakart




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7748

Article Metrics

Abstract view : 357 times
PDF - 342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.