PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

Winna Risky Ginting, Yuspa Hanum

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan bertujuan: 1). Untuk mengetahui hasil belajar ilmu gizi yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. 2). Untuk mengetahui hasil belajar ilmu gizi yang menggunakan media gambar pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar ilmu gizi pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan (120) siswa tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel 60 siswa dari kelas X1 sebanyak 30 siswa dan X3 sebanyak 30 siswa yang diambil secara teknik random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan tes objektif sebanyak 45 butir soal. Sebelumnya tes ini ada 50 butir soal, akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas lain diluar sampel penelitian untuk melihat kesahan tes, terdapat 45 butir soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,94. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data pre tes dan pos tes dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).

Hasil penelitian pada kelompok yang menggunakan media audio visual memiliki tingkat kecenderungan kategori cukup nilai 70-79. Sedangkan kelompok yang menggunakan media gambar memiliki tingkat kecenderungan kategori kurang nilai 60-69. Hasil uji normalitas data dilakukan dengan uji liliefors pada kelompok yang menggunakan media audio visual diperoleh L0 sebesar -0,00198 dan pada kelompok yang menggunakan media gambar diperoleh L0 sebesar 0,033, kedua nilai tersebut dikonsultasikan pada harga Ltabel sebesar 0,161 pada taraf signifikansi 0,05 dengan kriteria pengujian L0 < Ltabel yang berarti data hasil belajar kedua kelas adalah berdistribusi normal. Untuk mengetahui data homogen digunakan uji-f sehingga diperoleh nilai f hitung (0,44) < f tabel (1,271), maka disimpulkan kedua kelompok penelitian adalah homogen..Untuk melihat perbedaan hasil belajar kelompok yang menggunakan media audio visual dan yang menggunakan media gambar digunakan uji-t, hasilnya diperoleh thitung untuk kedua kelompok penelitian adalah 4,077 sedangkan ttabel adalah 1,567 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan demikian harga t hitung ≥ t tabel yakni 4,077 ≥ 1,567 sehingga penelitian hipotesis Ha diterima, artinya hasil belajar yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan media gambar.

 

Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Ilmu Gizi.


Full Text:

PDF

References


Almatseir dan Sunita. 2010. Prinsip Ilmu Gizi Dasar. Jakarta: Gramedia.

Arikunto dan Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad dan Azhar. 2012. Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Ayun Qurrotul. 2015. Gambar Media AudioVisual.http://ayun1999.blogspot.com.

Azhar Arsyad. M.A. DR .2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

BambangWarsito. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakart:Rineka

Cipta. Budiyanto. M. Agus Krisno. 2002. Dasar-Dasar Ilmu Gizi. Malang: UMM Press.

Dimyanti dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Merryana Adriani. SKM. M. Kes. Dr dan Bambang Wirjatmadi.M.S. MCN.Ph.D. Sp.GK. 2012. Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rudi Susilana. M.Si dan Cepi Riyana.M.Pd. Drs. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Dwi dan Zenny. 2015. Gambar 4 Sehat 5 Sempurna.http://plus.google.com.

Hamalik dan Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar

Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hariyani. 2011. Gizi untuk kesehatan ibu dan anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sadiman dan Arif. 2011. Media

Pendidikan Pengertian, Pengetahuan, dan Permanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. S

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhnya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sediaoetama dan Ahmad Djaeni. 2000. Ilmu GIzi. Jakarta: Dian Rakyat.

Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Administrasi. Bandung:

Alfabeta. Sukiman. 2012. Pengembangan Media

Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Insan Madani.

Waryana.SKM.M.Kes. 2014. Gizi

Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7750

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot