ANALISIS PERSEBARAN INTRUSI AIR LAUT PADA AIRTANAH FREATIK DI DESA RUGEMUK KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG

Nahor M Simanungkalit, Walbiden Lumbantoruan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui salinitas airtanah oleh intrusi air laut pada aqifer air tanah freatik di Desa Rugemuk (2) Mengetahui ketinggian batasan antara air tawar dan air asin (zona interface ) pada air tanah di Desa Rugemuk, (3) Mengetahui sebaran intrusi air laut pada aqifer airtanah freatik melalui sumur penduduk di Desa Rugemuk.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rugemuk. Populasi dari penelitian ini adalah air tanah di Desa Rugemuk, dengan sumur gali sebagai sumber data. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik acak sistematis random (systematic random sampling) yaitu sebanyak 27 sumur gali mewakili 27 grid (bujur sangkar) 2 cm x 2 cm.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumenter, dan teknik pengukuran. Teknis analisis data yaitu dengan teknis analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Intrusi air laut pada air tanah freatik di Desa Rugemuk memiliki nilai salinitas yang bervariasi berkisar 0,9 – 3,55 g/l. Salinitas berbahaya (kadar garam > 2,1 %o) berkisar 40,74 % , salinitas meragukan (kadar garam 0,525 – 1,4 %o) berkisar 22,23 %, dan salinitas diizinkan (kadar garam 0,525 – 1,4 %o) berkisar 37,03 %. (2) Keadaan zona interface di Desa Rugemuk masih dalam kondisi yang seimbanga (masih jauh dibawah muka air tanah yaitu berkisar 16 s/d 179,2 m). (3) Persebaran intrusi airlaut di Desa Rugemuk bervariasi, ditandai dengan perbedaan kadar garam pada jarak geometrik yang sama dari garis pantai.

Kata Kunci : Intrusi Air Laut, Interface, Sebaran Intrusi Air Laut


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v8i2.5778

Article Metrics

Abstract view : 728 times
PDF - 1205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.