PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA DALAM PENERAPAN PRINSIP KOROLOGI PADA MATERI TENAGA ENDOGEN DI KELAS VII SMP SWASTA BUDI AGUNG KECAMATAN MEDAN MARELAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan
hasil belajar siswa melalui penggunaan media sederhana dalam
penerapan prinsip korologi pada materi tenaga endogen bagi
siswa SMP Swasta Budi Agung Medan. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah 42 orang. Data
dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes
hasil belajar kemudian dianalisis secara diskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada peningkatan aktivitas
belajar siswa melalui penggunaan media sederhana dalam
penerapan prinsip korologi pada materi tenaga endogen sebesar
33,34%, dan (2) Ketuntasan belajar siswa telah tercapai baik
secara TPK/KD (80%), individual (88,1%) maupun secara
klasikal (88,1%).
Kata Kunci : Aktifitas belajar, Hasil Belajar, Prinsip Korologi,
Media Sederhana
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jg.v2i2.6367
Article Metrics
Abstract view : 338 timesPDF - 820 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019
Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.