PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR METEOROLOGI DAN KLIMATOLOGI PADA MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI SEMESTER II UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Julismin Julismin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar
mahasiswa dalam matakuliah Meteorologi dan Klimatologi antara
kelompok mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media grafis
peta dengan kelompok mahasiswa yang diajar dengan menggunakan
media grafis sketsa, (2) perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang
memiliki kemampuan awal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki
kemampuan awal rendah, dan (3) interaksi antara penggunaan media
grafis dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar
Meteorologi dan Klimatologi mahasiswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi
Eksperimen dengan rancangan factorial 2x2. Sampel penelitian sebanyak
52 orang yang terdiri dari 26 orang mahasiswa kelas reguler A dan 26
orang mahasiswa kelas reguler B. Perlakuan yang diberikan adalah
penggunaan media grafis peta pada satu kelompok dan media grafis
sketsa pada kelompok lainnya. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis varians (Anava) dengan taraf signifikan α = 0,05.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa : (1) Terdapat
perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan menggunakan
media grafis peta dan media grafis sketsa (F hitung = 28,99 > F tabel =
4,22); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memiliki
kemampuan awal tinggi dan mahasiswa yang memiliki kemampuan awal
rendah (F hitung = 10,88 > F tabel = 4,22); (3) Terdapat interaksi antara
penggunaan media grafis dan kemampuan awal mahasiswa terhadap
hasil belajar Meteorologi dan Klimatologi (F hitung = 66,57 > F tabel =
4,22). Kelompok mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media
grafis peta memperoleh skor rata-rata lebih baik daripada kelompok
mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media grafis sketsa.
Demikian pula untuk kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan
awal tinggi memperoleh skor rata-rata lebih baik daripada kelompok
mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Selanjutnya terdapat
interaksi antara penggunaan media grafis dengan kemampuan awal
dalam mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci : Media Grafis, Kemampuan Awal, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v2i2.6369

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF - 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.