Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TOEFL ITP Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Geografi

Sugiharto Sugiharto, Fitra Delita, Muhammad Arif, Rohani Rohani

Abstract


Dalam era globalisasi ini penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris sangatlah penting. Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris pada mahasiswa dapat ditingkatkan salah satunya dengan pengembangan bahan ajar yang dilakukan secara kontinu dan tersedianya sumber belajar bagi mahasiswa tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar mata kuliah Bahasa Inggris Geografi berbasis TOEFL ITP yang akan diterapkan di tahun ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) pada bahan ajar mata kuliah Bahasa Inggris Geografi. Pengembangan bahan ajar ini melibatkan tim dosen, ahli materi dan ahli media dengan melakukan FGD. Data dikumpulkan dari kuesioner yang diisi oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan skor yang dikonversi menjadi beberapa kategori. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar mata kuliah Bahasa Inggris telah sesuai dengan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 dan standar yang ditetapkan Universitas Negeri Medan. Pengembangan modul yang dilakukan dengan dua kali proses revisi sesuai saran dari ahli materi dan ahli media serta masukan dari mahasiswa.  Ditinjau dari penilaian aspek materi, bahasa dan kegrafikan maka modul mata kuliah Bahasa Inggris Geografi dapat dikategorikan “Baik” dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan Bahan Ajar, TOEFL ITP, Bahasa Inggris Geografi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Educational Testing Service. (2016). Test Taker Handbook TOEFL ITP. Pricenton NJ USA.

Hidayati, F. N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran TOEFL Reading Berbasis Video Mind Map Untuk Mahasiswa IAIN Surakarta. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 1-12.

Indriastuti. (2012). TOEFL Top Score. Jakarta : PT. Wahyu Media.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Pujiati. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Pengantar Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 4 No. 2.

Pusat Bahasa Unimed. (2017). Sosialisasi Pengembangan RPS Mata Kuliah Bahasa Inggris Berbasis TOEFL ITP. Medan.

Sukamerta, M.I. (2011). Implementasi Kebijakan Penbelajaran Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar di Kota Denpasar. Tesis, Universitas Udayana Bali.

Suparno. (2010). Membangun Kompetensi Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suyanto, Pratiwi. (2013). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Inggris dan Akademik Secara Terpadu Melalui Read- Write-Talk (RWT) Learning Strategy Pada Mata Kuliah English For Biology. Prosiding Seminar Nasional Pettelitian, Pendidikan tlan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013.

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v10i1.8617

Article Metrics

Abstract view : 939 times
PDF - 1191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.