MENINGKATKAN KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Keyword : Learning Model of Creative Problem Solving, Creativity
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving pada mata Pelajaran Seni Tari di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk membahas tujuan penelitian digunakan teori tentang kreativitas, model pembelajaran creative problem solving dan teori tari. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA 2 sebanyak 34 orang. Sebelum melakukan penelitian ini, peneliti memberi pre test untuk mengetahui kemampuan peserta didik, sehingga diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 72,65. Selanjutnya peneliti member post test dan memperoleh rata-rata kelas yaitu 85,29. Dari perhitungan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung = 14,87 pada taraf nyata α = 0,05 dan ttabel = 1,6723, berarti thitung > ttabel (14,87 > 1,6723) artinya bahwa ada peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran seni tari kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kreativitas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/senitari.v8i1.13191
Article Metrics
Abstract view : 241 timesPDF - 478 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Ika Setiawati, Tuti Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.