MAKNA SIMBOLIS DEFORMASI RUMAH ADAT KARO SIWALUH JABU DALAM KARYA LUKIS

Okky Masito Barus dan R. Triyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan beberapa makna simbolik dari lukisan yang sumber objeknya rumah adat Karo siwaluh jabu. Pada bahasan ini penulis menentukan seluruh karya lukis yang yang sudah dipamerkan sebagai populasi  yang sekaligus merupakan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 buah karya lukis yang sudah dipamerkan di Galeri Seni Rupa Universitas Negeri Medan pada tanggal 30-31 Mei 2012. Kemudian dibahas secara terperinci mulai dari makna-makna apa saja yang terkandung dalam setiap karya.

Hasil analisis karya secara deskripsi menunjukkan bahwa semua karya-karya lukis menmpilkan bentuk rumah adat Karo siwaluh jabu dengan pengkombinasian dunia fantasi berbentuk tanah yang mengambang di atas awan. Penulis mengartikan rumah adat Karo pada zaman sekarang ini dalam kondisi yang sangat memperihatinkan dapat dikatakan hanya tinggal angan-angan saja. Dapat dibuktikan dari sekian banyaknya perkampungan yang ada di Kabupaten Karo yang dulunya paling tidak ada 20-30 rumah adat di dalam satu kampung. Sekarang hanya beberapa kampung yang masih mempertahankan rumah adatnya, yaitu desa Lingga, Daukan, Dan Peceren. Itu pun dalam kondisi yang sangat memperihatinkan

Analisis formal memperlihatan bahwa dalam pengorganisasian unsur-unsur rupa pada karya lukis didominasi oleh bidang, garis, bentuk, dan ukuran. Intepretasi karya melalui bentuk disesuaikan dengan pemaknaan dan pesan yang disampaikan untuk memberi pemahaman terhadap karya.

Kata kunci : Lukisan, fantasi, rumah adat siwaluh jabu,


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v2i1.1036

Article Metrics

Abstract view : 801 times
PDF - 6 times

Copyright (c) 2013 Okky Masito Barus dan R. Triyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License