TEKHNIK-TEKHNIK PENCAHAYAAN PADA OBYEK JERUK UNTUK MENGHASILKAN KARYA FOTOGRAFI

Febby Rut dan Khaerul Saleh

Abstract


Abstrak

Penciptaan karya dengan media fotografi ini memiliki tujuan untuk menghasilkan karya foto dengan beberapa tekhnik pencahayaan menggunakan lampu listrik serta memanfaatkan obyek sederhana seperti jeruk. Berikutkan akan diuraikan dan dijelaskan bagaimana proses pembuatan karya yang diciptakan mulai dari awal hingga selesai. Karya yang diteliti berjumlah 20 karya.

Dalam penciptaan karya ini, penulis menggunakan media fotografi seperti kamera SLR Nikon D3000, yang sebelumnya diawali dengan mengolah beberapa jenis jeruk  menjadi obyek yang menarik untuk di foto dan dilanjutkaan dengan teknik pengambilan gambar dengan beberapa tekhnik pencahayaan. Karya yang telah selesai di foto akan di nilai oleh para apresiator yaitu dosen fotografi untuk dilihat tingkat keberhasilan dari karya tersebut dengan melihat aspek fotografi seperti sudut pandang, pencahayaan, komposisi dan ketajaman.

Kata Kunci: Tekhnik Pencahayaan, Fotografi, Jeruk


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i3.1062

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF - 5 times

Copyright (c) 2013 Febby Rut dan Khaerul Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License