Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Pokok Bahasan Desain Batik Dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual Di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Labuhan Batu Tahun Ajaran 20012/ 2013
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan salah satu solusi guna
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan desain di SMA Negeri 1
Rantau Utara. Peningkatan hasil belajar siswa dilakukan melalui penelitian tindakan
kelas (PTK). Sumber data dari siswa kelas X-D. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes mendesain batik dengan menggunakan pensil dan pewarna pensil
warna. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus pertama nilai pre test yang di
peroleh sebesar 58.3% yang tuntas dengan jumlah siswa 21 orang dan nilai rata-rata
siswa sebesar 71.94 dan mengalami peningkatan pada saat siklus I menjadi 72.2%
yang tuntas dengan jumlah siswa 26 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 76.52.
Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 91.7% yang
tuntas dengan jumlah siswa 33 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 83.19.
Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran sebesar 16.7%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya pokok
bahasan desain batik di kelas x SMA Negeri 1 Rantau Utara Labuhan Batu tahun
ajaran 2012/ 2013. Berdasarkan peningkatan siklus I dan siklus II, hipotesis
penelitian ini yaitu: menggunakan strategi metode pembelajaran kontekstual dapat
meningkatkan hasil belajar desain batik di SMA Negeri 1 Rantau Utara, Labuhan
batu, dapat diterima keberlakuannya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Desain Batik, Strategi Kontekstual
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan salah satu solusi guna
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan desain di SMA Negeri 1
Rantau Utara. Peningkatan hasil belajar siswa dilakukan melalui penelitian tindakan
kelas (PTK). Sumber data dari siswa kelas X-D. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes mendesain batik dengan menggunakan pensil dan pewarna pensil
warna. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus pertama nilai pre test yang di
peroleh sebesar 58.3% yang tuntas dengan jumlah siswa 21 orang dan nilai rata-rata
siswa sebesar 71.94 dan mengalami peningkatan pada saat siklus I menjadi 72.2%
yang tuntas dengan jumlah siswa 26 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 76.52.
Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 91.7% yang
tuntas dengan jumlah siswa 33 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 83.19.
Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran sebesar 16.7%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya pokok
bahasan desain batik di kelas x SMA Negeri 1 Rantau Utara Labuhan Batu tahun
ajaran 2012/ 2013. Berdasarkan peningkatan siklus I dan siklus II, hipotesis
penelitian ini yaitu: menggunakan strategi metode pembelajaran kontekstual dapat
meningkatkan hasil belajar desain batik di SMA Negeri 1 Rantau Utara, Labuhan
batu, dapat diterima keberlakuannya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Desain Batik, Strategi Kontekstual
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i3.1072
Article Metrics
Abstract view : 231 timesPDF - 0 times
Copyright (c) 2013 Ratih Fatma Siregar dan Wahyu Tri Atmojo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License